Kamis 16 Mar 2023 06:16 WIB

Begini Prototipe Pakaian Antariksa untuk Astronaut

Pakaian astronaut ini dirancang dan akan segera disewakan kepada badan antariksa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pakaian antariksa canggih dirancang sedemikian rupa agar memungkinkan astronaut beroperasi dengan aman dan efektif di Bulan,/ilustrasi.
Foto: AP/John Raoux
Pakaian antariksa canggih dirancang sedemikian rupa agar memungkinkan astronaut beroperasi dengan aman dan efektif di Bulan,/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Prototipe pakaian antariksa komersial yang rencananya akan dikenakan Amerika Serikat (AS) selama misi berikutnya untuk mendarat di Bulan diluncurkan pada Rabu (15/3/2023). Berbeda dengan pakaian ikonik yang dikenakan oleh para astronaut Apollo selama lebih dari 50 tahun, setelan baru ini adalah “sewaan”.

Maksudnya adalah pakaian astronaut ini dirancang, dibuat, dan akan segera disewakan kepada badan antariksa oleh Axiom Space, sebuah perusahaan layanan antariksa.

Baca Juga

“Kami melanjutkan warisan NASA dengan merancang pakaian antariksa canggih yang memungkinkan astronaut beroperasi dengan aman dan efektif di Bulan,” kata presiden dan CEO Axiom Space Mike Suffredini dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Rabu (15/3/2023).

Suffredini menyebutkan pakaian antariksa Artemis III Axiom Space akan siap untuk menghadapi tantangan kompleks dari kutub selatan Bulan. Dia juga mengungkapkan pakaian itu membantu menumbuhkan pemahaman kita tentang Bulan untuk memungkinkan kehadiran jangka panjang di sana.

Pada 2022, NASA memberi Axiom perintah tugas senilai 228,5 juta dolar AS di bawah kontrak senilai 1,26 miliar untuk membuat pakaian antariksa generasi berikutnya untuk mendukung misi bulan Artemis. Memanfaatkan xEMU, setelan yang dikembangkan oleh para insinyur di Johnson Space Center NASA di Houston, pakaian antariksa Axiom Extravehicular Mobility Unit (AxEMU) baru memberikan peningkatan fleksibilitas, perlindungan lebih besar terhadap lingkungan yang keras dan alat khusus untuk mencapai kebutuhan eksplorasi dan memperluas peluang ilmiah.

Dengan menggunakan teknologi inovatif, AxEMU akan “memungkinkan eksplorasi lebih banyak permukaan bulan daripada sebelumnya,” demikian bunyi deskripsi Axiom. Pakaian luar angkasa yang dilengkapi Axiom yang akan dikenakan astronaut NASA di bulan akan memiliki lapisan luar berwarna putih untuk memantulkan panas, melindungi pemakainya dari suhu sangat tinggi saat berada di bawah sinar matahari.

Untuk tujuan pengungkapan pada Rabu (15/3/2023) dan untuk menyembunyikan elemen hak milik dari setelan tersebut, prototipe tersebut dihiasi dengan logo Axiom dan menampilkan warna merek perusahaan, yaitu biru, hitam, dan oranye.

Selain itu, Axiom berkolaborasi dengan desainer kostum Esther Marquis dari serial sejarah Apollo alternatif Apple TV+ “For All Mankind” untuk membuat lapisan sampul khusus. AxEMU akan memberi NASA sistem manusia yang dikembangkan secara komersial yang diperlukan untuk mengakses, hidup, dan bekerja di dan di sekitar Bulan. Setelah lanjutan dirancang sejak awal untuk mengakomodasi berbagai macam anggota kru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement