Rabu 15 Mar 2023 13:36 WIB

Cara Mengosongkan Penyimpanan di Apple Watch

Apple Watch tidak memiliki banyak ruang untuk aplikasi, musik, hingga podcast.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada cara mudah untuk mengosongkan penyimpanan di Apple Watch/ilustrasi.
Foto: Mashable
Ada cara mudah untuk mengosongkan penyimpanan di Apple Watch/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tidak seperti iPhone atau iPad, Apple Watch tidak memiliki banyak ruang untuk aplikasi, musik, podcast, dan semua konten lain yang mungkin Anda coba simpan. Jumlah penyimpanannya bervariasi setiap versi jam tangan.

Apple Watch Ultra, Seri 8, 7, 6, 5, dan SE menawarkan ruang 32GB, tetapi Anda hanya mendapatkan 16GB pada model GPS + Seluler Seri 4 dan Seri 3, dan 8GB untuk model GPS Seri 3. Tanpa disadari Anda bisa dengan mudah kehabisan ruang sebelum Anda menyadarinya.

Baca Juga

Namun, jam tangan Anda dapat memberi tahu Anda seberapa banyak ruang yang tersedia. Selain itu, juga dapat menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan oleh aplikasi dan konten tertentu sehingga Anda tahu mana yang harus dihapus. Berikut adalah cara untuk mengosongkan penyimpanan di Apple Watch:

 

Periksa ruang penyimpanan

Periksa ruang penyimpanan yang tersedia di jam tangan Anda dari aplikasi Watch di ponsel. Buka My Watch > General > About di aplikasi. Tunggu beberapa detik dan aplikasi akan menampilkan jumlah total lagu, foto, dan aplikasi eksternal di perangkat. Ini juga menunjukkan kapasitas total dan jumlah ruang yang tersedia.

Untuk memeriksa kapasitas langsung di Apple Watch Anda, buka Settings > General > Storage. Bagian Penyimpanan menampilkan jumlah ruang yang tersedia dan jumlah ruang yang digunakan. Gesek layar ke bawah untuk melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh setiap app dan jenis konten.

 

Hapus aplikasi

Sekarang setelah Anda mengetahui konten mana yang paling banyak memakan ruang, Anda dapat menghapus item yang tidak lagi diinginkan. Pertama, mari menghapus aplikasi menggunakan aplikasi Watch di ponsel Anda. Buka aplikasi dan geser ke bawah layar My Watch hingga Anda mencapai bagian Installed on Apple Watch.

Ketuk nama aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu matikan sakelar Show App on Apple Watch. Aplikasi tersebut akan dihapus dari jam tangan. Kembali ke layar sebelumnya dan aplikasi sekarang muncul di bagian Available Apps, tempat Anda selalu dapat menginstalnya kembali di jam tangan dengan mengetuk tombol Instal.

Untuk menghapus aplikasi langsung dari jam tangan, tekan Digital Crown untuk melihat layar Utama dengan semua aplikasi Anda. Jika layar Beranda dalam Grid View, tekan perlahan ikon apa pun hingga semuanya mulai bergetar. Ketuk tombol X pada aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Delete App. Tekan Digital Crown untuk menghentikan ikon agar tidak bergetar.

Jika layar Beranda dalam List View, gesek daftar sampai Anda melihat aplikasi yang ingin Anda hapus. Geser entri aplikasi ke kiri dan ketuk ikon tempat sampah. Ketuk entri Delete App untuk mengonfirmasi.

 

Hapus musik

Dilansir Mashable, Rabu (15/3/2023), Anda mungkin juga ingin menghapus musik yang disimpan dari Apple Watch. Lakukan ini dengan membuka aplikasi Watch di iPhone Anda. Geser ke bawah bagian My Watch dan ketuk entri Musik.

Opsi untuk Recent Music menambahkan lagu yang baru saja Anda mainkan. Jika opsi ini diaktifkan dan Anda ingin melihat berapa banyak ruang yang dapat dikosongkan, matikan sakelar untuk menghapus album terbaru. Selanjutnya, ketuk tautan Edit di kanan atas. Ketuk ikon Delete di samping daftar putar atau album yang ingin Anda hapus lalu ketuk tombol Delete.

Untuk menghapus album langsung dari Apple Watch, buka app Musik di jam tangan Anda. Geser ke bawah pada setiap thumbnail album hingga Anda melihat entri untuk On iPhone dan Library. Ketuk Library lalu pilih Albums dan geser ke bawah layar hingga Anda melihat album yang ingin Anda hapus.

Geser nama album ke kiri lalu ketuk elipsis dan pilih tombol Delete. Aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin menghapus album dari perpustakaan Anda atau menghapus unduhan ini dari jam tangan. Ketuk Remove Download dan album akan dihapus dari jam tangan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement