Ini Keinginan Artis Donita untuk Anak Saat Ramadhan

Red: Natalia Endah Hapsari

Rabu 15 Mar 2023 04:05 WIB

Donita berharap anak pertamanya bisa berpuasa penuh saat Ramadhan tahun ini. Foto: Tangkapan layar Channel Youtube Donita Adi TV Donita berharap anak pertamanya bisa berpuasa penuh saat Ramadhan tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Artis sinetron Donita mengatakan berharap anak pertamanya Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho (8 tahun) dapat melakukan puasa penuh satu bulan pada tahun ini setelah tahun lalu masih diberi keringanan. "Alhamdulillah jadi walaupun tahun lalu ada puasa ada nggak mudah-mudahan tahun ini bisa full," ucapnya saat ditemui di sebuah acara beberapa waktu lalu.

Donita mengatakan, sudah mengajarkan anak-anaknya untuk berpuasa mulai dari tahun lalu. Ia juga ingin mengajarkan anak keduanya Parvaiz Farazell Shaquil Nugroho (5) untuk mulai belajar berpuasa setengah hari pada tahun ini. Istri dari presenter Adi Nugroho ini kerap mengajarkan anak-anaknya makna berpuasa dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dengan konsep yang sederhana.

Baca Juga

Ia menyebut sering mengganti konsep pahala berpuasa dengan "tiket" sebagai ganjaran yang didapat untuk bisa masuk surga. "Jadi ngajarinnya ke hal-hal yang kecil jadi nggak bahas hadist kayaknya nggak nyampe ke anakku jadi cara paling cetek yang lebih gampang dia mengerti," katanya.

Kepada anak pertamanya, Donita menggunakan konsep tersebut untuk memberi pengertian pada anaknya kelak semua kewajiban yang sudah dikerjakan seperti salat dan puasa bisa mendapat pahala untuk masuk surga. "Aku kasih pengertian ke anak kalau di surga boleh makan semuanya tanpa mikirin rasa sakit, jadi ngumpulin tiket ke surga salah satunya dengan salat, puasa, jadi dia tahu ngumpulin tiket jadi dia tahu ada sesuatu yang nanti bisa didapetin kalau bisa puasa full," ucap Donita.

Ia juga kerap mengajarkan makna kebaikan dari berbagai kepada anak-anaknya. Utamanya ketika lebaran tiba, saat sang kakak mendapat apresiasi berupa mainan karena sudah berpuasa. "Biasanya dibedain karena yang berusaha kakaknya, adiknya nggak puasa. Biasanya Aku nanya 'kasihan nggak adek ya', jadi beli yang lebih buat kakak, adeknya juga di kasih, jadi mengajarkan berbagi tapi tanpa rasa terpaksa," ucap istri dari presenter Adi Nugroho itu.

Dia mengaku, tidak merasa kesulitan untuk membangunkan anak untuk melaksanakan sahur karena sudah mengetahui pahala puasanya akan berkurang jika marah. Di samping itu, untuk panganan saat sahur, Donita lebih menyukai makanan yang mudah disajikan seperti makanan berkuah, karena menurut dia, bisa membantu mencukupi cairan tubuh selama berpuasa. "Bangun tidur, sahur sebisa mungkin makan makanan berkuah, pengin gampang aja, simpel enggak terlalu susah, kalau berbuka sih bebas," ucapnya.