Kamis 09 Mar 2023 18:02 WIB

Begini Cara Gunakan Family Pairing, Fitur Baru TikTok

Fitur Family Pairing dipakai untuk menyesuaikan batas screen time harian bagi remaja.

Fitur baru TikTok memudahkan orang tua untuk membatasi waktu menggunakan gawai pada remaja/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/Bo Amstrup
Fitur baru TikTok memudahkan orang tua untuk membatasi waktu menggunakan gawai pada remaja/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat remaja membutuhkan dukungan, orang tua atau pendamping sering kali menjadi orang pertama yang mereka datangi, menjadikan mereka sebagai salah satu mitra terpenting kami. ''Seiring upaya kami dalam berinovasi untuk memberdayakan keluarga, kami telah menambahkan tiga fitur baru ke dalam Family Pairing,'' ujar President & CEO Connect Safely TikTok Larry Magid dalam siaran pers, Kamis (9/3/2023).

Fitur Family Pairing adalah fitur baru TikTok yang berisi pembatasan waktu menggunakan gawai (screen time) untuk remaja. Lantas apa sajakah fitur baru yang muncul dalam Family Pairing?

Baca Juga

● Batas screen time harian khusus

Pendamping dapat menggunakan Family Pairing untuk menyesuaikan batas screen time harian bagi remaja – termasuk menentukan batas waktu yang berbeda-beda berdasarkan hari-hari tertentu dalam seminggu – memberikan lebih banyak pilihan bagi keluarga untuk menyesuaikan screen time dengan jadwal sekolah, liburan, atau perjalanan keluarga.

● Dasbor screen time 

TikTok menghadirkan fitur dasbor screen time di Family Pairing untuk memberikan ringkasan perihal waktu yang diluangkan di aplikasi, berapa kali pengguna mengakses TikTok, dan rincian total waktu pengguna mengakses TikTok di siang dan malam hari. Menurut riset terbaru TikTok, screen time merupakan salah satu topik yang paling sering didiskusikan orang tua dengan remaja mereka, dan mereka ingin mendukung para pendamping dengan menyediakan informasi yang relevan untuk membantu mereka memandu anaknya.

● Nonaktifkan notifikasi

Notifikasi membantu kita terhubung, tapi ada saat-saat di mana kita perlu bebas dari gangguan. TikTok telah memperkenalkan setelan baru yang memungkinkan orang tua mengatur jadwal untuk membisukan notifikasi untuk remaja mereka. Pengguna berusia 14-15 tahun tidak akan menerima notifikasi mulai pukul 9 malam. Untuk pengguna berusia 16-17, notifikasi dinonaktifkan mulai pukul 10 malam.

Setiap remaja dan keluarga memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing. Oleh karena itu pihak TikTok mengaku terus fokus menjangkau orang tua dengan menyediakan informasi yang mereka butuhkan tentang TikTok. ''Kami melakukan ini melalui kemitraan dengan kreator, pakar industri, dan kampanye iklan yang fokus pada fitur keamanan. Kami juga akan terus memunculkan informasi Family Pairing di dalam aplikasi ke beberapa pengguna kami untuk membantu mereka memahami opsi-opsi yang mungkin berguna bagi mereka atau orang yang mereka kenal. Kami harap fitur-fitur ini dapat senantiasa membantu keluarga membangun diskusi tentang keamanan dan kesejahteraan di dunia digital kita,'' ujar Magid lebih lanjut.

Menurut Magid,  selain menghadirkan beragam fitur baru ini di Family Pairing, dalam waktu dekat semua pengguna akan dapat menyetel batas screen time mereka sendiri setiap harinya dalam seminggu dan mengatur jadwal untuk membisukan notifikasi. 

Selain itu, TikTok juga telah meluncurkan fitur pengingat tidur untuk membantu pengguna dengan mudah merencanakan kapan mereka ingin offline di malam hari. Pengguna dapat menyetel waktu yang diinginkan, dan ketika tercapai, akan muncul notifikasi yang mengingatkan mereka untuk keluar dari aplikasi.

"Family Pairing merupakan kesempatan bagi orang tua dan remaja untuk berkolaborasi dalam membangun kebiasaan digital yang sehat. Ini bukan fitur kontrol orang tua, melainkan fitur yang melibatkan orang tua dan membuka peluang bagi orang tua dan remaja untuk saling belajar dari satu sama lain," ungkap Larry Magid.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement