Selasa 07 Mar 2023 15:01 WIB

WhatsApp akan Membisukan Panggilan dari Nomor tak Dikenal

Fitur bisukan panggilan itu diyakini akan mengurangi gangguan nomor tak dikenal.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur baru Whatsapp bakal memungkinkan pengguna untuk membisukan panggilan dari nomor tak dikenal tapi tetap muncul di daftar panggilan dan pusat notifikasi./ilustrasi
Foto: Unsplash
Fitur baru Whatsapp bakal memungkinkan pengguna untuk membisukan panggilan dari nomor tak dikenal tapi tetap muncul di daftar panggilan dan pusat notifikasi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi pesan WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru untuk Android versi beta. Fitur tersebut bakal memungkinkan pengguna untuk membisukan panggilan dari nomor tak dikenal tapi tetap muncul di daftar panggilan dan pusat notifikasi.

Fitur tersebut diyakini akan mengurangi gangguan secara signifikan dan dapat membantu mencegah panggilan spam. Selama ini, siapa pun yang menjadi bagian dari komunitas WhatsApp dapat menghubungi nomor lain, dan kondisi itu disebut bisa menjadi masalah serius.

Baca Juga

Sebagai solusi untuk masalah tersebut, dikutip dari laman GizChina, Selasa (7/3/2023), fitur tersebut sedang dikembangkan oleh WhatsApp. Fitur itu akan memungkinkan pengguna untuk memilih akan membisukan panggilan dari nomor tak dikenal atau tetap mengangkat telepon.

Menurut Wabetainfo, toggle (tombol pengubah) untuk fitur ini akan ditempatkan di pengaturan aplikasi. Setelah diaktifkan, panggilan dari nomor tak dikenal akan selalu dibisukan, namun pengguna akan tetap mengetahui adanya panggilan tak terjawab dari nomor tak dikenal.

Salah satu manfaat dari fitur baru ini adalah meminimalisasi gangguan dan dapat secara signifikan mengurangi jumlah panggilan spam yang diterima pengguna. Dalam beberapa tahun terakhir, panggilan spam telah menjadi masalah yang berkembang.

Ada oknum penipu yang melakukan panggilan telepon dalam upaya untuk mencuri informasi pribadi atau mengelabui orang agar melakukan pembayaran dan memberikan data sensitif. Pengguna WhatsApp tidak kebal terhadap masalah demikian.

Itu sebabnya, pilihan untuk membisukan panggilan telepon tak dikenal sangat penting. Untuk mendapatkan perkiraan prevalensi masalah tersebut, jajak pendapat dibagikan di Twitter terhadap pengguna WhatsApp soal panggilan spam.

Hasilnya menunjukkan bahwa memang banyak pengguna yang pernah menerima panggilan spam. Dengan begitu, kebutuhan akan fitur yang dapat membantu mencegah jenis panggilan tersebut memang dibutuhkan pengguna WhatsApp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement