Senin 06 Mar 2023 13:33 WIB

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Terjang DIY

diperkirakan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Gelombang tinggi. Ilustrasi
Foto: 2space.net
Gelombang tinggi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat mewaspadai peningkatan gelombang tinggi di perairan selatan DIY. Pada Senin (6/3/2023) ini, diperkirakan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

"Angin dari arah barat daya–barat laut dengan kecepatan maksimum 25 kilometer per jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Yogyakarta berkisar antara 2,5 sampai 4 meter atau masuk dalam kategori tinggi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono, Senin (6/3/2023).

Warjono juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan Senin ini. Terutama di di wilayah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo bagian utara. Di kawasan tersebut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi pada Senin (6/3) ini. Potensi tersebut diperkirakan dapat terjadi pada siang hingga sore hari.

"Waspada potensi hujan (dengan intensitas) sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang di Sleman dan Kulonprogo bagian utara," ujar Warjono.  

Sementara itu, potensi hujan ringan terjadi di Kabupaten Gunungkidul bagian selatan di pagi hari. Termasuk di Kabupaten Bantul bagian selatan dan Kulon Progo bagian selatan yang juga berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan. "Malam hari berpotensi hujan (dengan intensitas) ringan hingga sedang di seluruh wilayah Yogyakarta," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement