Ahad 05 Mar 2023 15:01 WIB

Aksi Crew-6 SpaceX Crew-6 Mendekati Stasiun Luar Angkasa

Pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour milik SpaceX membawa misi Crew-6.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Roket SpaceX Falcon 9 yang membawa pesawat ruang angkasa Dragon perusahaan diluncurkan pada misi SpaceX Crew-6 NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional Kamis (2/3/2023).
Foto: Joel Kowsky/NASA via AP
Roket SpaceX Falcon 9 yang membawa pesawat ruang angkasa Dragon perusahaan diluncurkan pada misi SpaceX Crew-6 NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional Kamis (2/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour milik SpaceX yang membawa empat astronaut dari misi Crew-6 mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Jumat (3/3/2023) dini hari. Pertemuan dramatis Crew-6 dengan stasiun luar angkasa, yang memuncak dengan docking pada pukul 01.40 EST atau pukul 13.40 WIB pada Jumat (3/3/2023), terekam dalam video selang waktu menakjubkan yang dibuat menggunakan rekaman Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Manuver itu telah ditunda selama satu jam sementara SpaceX menangani masalah dengan sensor yang salah terkait dengan salah satu dari 12 kait di Dragon. Dua belas kait ini menghubungkan kapsul ke stasiun luar angkasa. Setelah penggantian perangkat lunak diunggah ke Endeavour, kapsul berhasil terhubung dengan stasiun luar angkasa.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Ahad (5/3/2023), video time-lapse menunjukkan detik-detik ketika meninggalkan Bumi. Di dalam video itu Endeavour muncul sebagai bintik abu-abu yang tumbuh perlahan saat difilmkan dari ISS. Dalam bidikan lain, pesawat Dragon terlihat dari atas saat melaju di atas puncak awan putih halus di Bumi.

Bagian lain dari video menunjukkan target Dragon, ISS, dari perspektif pesawat ruang angkasa, tidak diragukan lagi merupakan pemandangan yang meyakinkan bagi astronaut Crew-6. Crew-6 berisi Stephen Bowen dan Warren “Woody” Hoburg dari NASA, astronaut Uni Emirat Arab (UEA) Sultan Alneyadi, dan kosmonaut Andrey Fedyaevsee.

Rekaman itu juga memberikan gambaran sekilas ke dalam Endeavour saat melakukan pendekatan yang menegangkan ke ISS dengan komandan Bowen dan pilot Hoburg di kemudi. Video tersebut juga menunjukkan bagaimana misi luar angkasa seperti Crew-6 adalah hasil dari upaya kolaboratif besar-besaran, karena bidikan menunjukkan adegan sibuk di kontrol misi di Bumi.

Palka antara Endeavour dan ISS dibuka pada pukul 03.45 EST atau pukul 15.34 WIB setelah awak stasiun ruang angkasa melakukan pemeriksaan kebocoran standar dan setelah tekanan, menurut NASA.

Setelah itu, astronaut Crew-6 bertemu dengan penumpang ISS saat ini, kru Ekspedisi 68. Kru tersebut beranggotakan astronaut NASA Frank Rubio, Nicole Mann dan Josh Cassada, serta Koichi Wakata dari Japan Aerospace Exploration Agency, dan kosmonaut Sergey Prokopyev, Dmitri Petelin dan Anna Kikina.

Cassada, Mann, Kikina, dan Wakata terbang ke ISS dalam misi Crew-5 SpaceX pada Oktober 2022 dan dijadwalkan kembali ke Bumi hanya dalam beberapa hari. Selama misi enam bulan mereka, astronaut Crew-6 akan terlibat dalam serangkaian eksperimen sains mutakhir, termasuk tes yang dirancang untuk menilai dampak misi luar angkasa jangka panjang terhadap kesehatan manusia.

Tim juga akan menggunakan Combustion Integrated Rack untuk menguji pembakaran bahan bakar dalam gaya berat mikro, menilai efek perubahan berbagai parameter pengujian seperti aliran udara, konsentrasi oksigen, tekanan, dan tingkat radiasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement