Rabu 01 Mar 2023 20:58 WIB

Trik Penjahat Dunia Maya Manfaatkan Aplikasi Mengincar Uang Anda

Ada jurus penjahat dunia maya yang mengincar data rahasia dan uang pengguna.

Rep: umi/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tren global utama terkait ancaman dan penipuan seluler perlu diperhatikan oleh pengguna ponsel cerdas dan PC.  ilustrasi
Tren global utama terkait ancaman dan penipuan seluler perlu diperhatikan oleh pengguna ponsel cerdas dan PC. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi pengubah “permainan” dirilis, seperti chatbot ChatGPT OpenAI dan pembuat gambar DALL-E 2 pada akhir 2022. Aplikasi ini memiliki teknologi kecerdasan buatan (AI), yang menciptakan peluang menarik untuk inovasi. Namun, pada saat yang sama, mereka juga memberikan peluang yang sangat mirip dengan penjahat dunia maya.

Perusahaan keamanan McAfee Corp meluncurkan Consumer Mobile Threat Report tahunannya. Laporan itu merinci tren global utama dalam ancaman dan penipuan seluler yang perlu diperhatikan oleh pengguna ponsel cerdas dan PC. Laporan ancaman berfokus pada bagaimana penjahat dunia maya memanfaatkan alat-alat itu untuk mengelabui atau menipu konsumen.

Baca Juga

Dilansir Gadget Snow pada Rabu (1/3/2023), berikut beberapa teknik umum yang digunakan penjahat dunia maya untuk menipu pengguna atas data rahasia dan uang mereka.

1. Aplikasi ChatGPT Palsu.

Aplikasi berbahaya cenderung masuk ke dalam beberapa kategori, seperti hal-hal populer, mudah digunakan, dan tampaknya tidak berbahaya. Banyak aplikasi jahat memberikan beberapa fungsi yang gratis, tetapi bukan berarti aplikasi itu tidak menyembunyikan motif tersembunyi. Itu sama dengan aplikasi yang masquare di toko aplikasi menawarkan fungsionalitas, seperti ChatGPT atau dengan nama yang mirip.

2. Aplikasi gambar palsu seperti DALL-E 2.

Pembuat gambar AI baru OpenAI, DALL-E 2 menawarkan tren aplikasi seluler berbasis AI yang dapat membuat gambar artistik berdasarkan foto. Sementara beberapa aplikasi ini sah, yang lain mungkin merupakan aplikasi berbahaya yang ingin memanfaatkan tren AI terkini.

3. Aplikasi perpesanan, seperti aplikasi SMS palsu dan lainnya.

Sekitar 6,2 persen ancaman yang diidentifikasi oleh perusahaan keamanan di Google selama 2022 berada di kategori komunikasi, terutama malware yang menyamar sebagai aplikasi SMS. Bahkan, aplikasi komunikasi yang sah pun digunakan oleh penipu. Mereka menggunakan pesan penipuan untuk mengelabui konsumen agar mengklik tautan jahat, mencoba membuat korban membagikan kredensial login, nomor akun, atau informasi pribadi.

Meskipun pesan ini terkadang mengandung kesalahan ejaan atau tata bahasa atau menggunakan frasa aneh, kemunculan alat AI seperti ChatGPT dapat membantu penipu membersihkan kesalahan ejaan dan tata bahasa mereka. Tingkat keparahan ancaman komunikasi ini juga terlihat dari jumlah orang dewasa (66 persen) yang telah dikirimi pesan oleh orang asing di media sosial, dengan 55 persen diminta untuk mentransfer uang.

4. Aplikasi produktivitas seperti VPN, pemindai dokumen, dan lainnya.

Sekitar 23 persen ancaman yang diidentifikasi McAfee ada di kategori aplikasi Tools. Aplikasi yang terkait dengan pekerjaan untuk perangkat seluler merupakan pendorong produktivitas yang hebat, kategori seperti editor PDF, VPN, pengelola perpesanan, pemindai dokumen, penguat baterai, dan pembersih memori. Jenis aplikasi ini ditargetkan untuk malware karena orang mengharapkan aplikasi ini memerlukan izin di ponsel mereka. Meminta izin untuk penyimpanan, perpesanan, kalender, kontak, lokasi, dan bahkan pengaturan sistem bukanlah hal yang aneh dan memungkinkan penipu mengambil semua jenis informasi terkait pekerjaan.

5. Aplikasi gim.

Sembilan persen ancaman yang teridentifikasi adalah gim dari kategori aplikasi, seperti Casual, Arcade, dan Action. Aplikasi berbahaya sering menargetkan hal-hal yang disukai anak-anak dan remaja, seperti bermain gim, membuat video, dan mengelola media sosial. Jenis ancaman paling umum yang terdeteksi dalam kategori gim pada 2022 adalah adware agresif, aplikasi yang menampilkan iklan berlebihan saat menggunakan aplikasi, bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Penting untuk memastikan bahwa ponsel anak-anak dilarang mengunduh aplikasi baru, atau mereka diberi tahu dan mampu mempertanyakan aplikasi yang mencurigakan dan mengidentifikasi aplikasi penipuan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement