Selasa 28 Feb 2023 19:49 WIB

Mobile World Congress 2023 Kembali Hadir, Ada Apa Saja?

MWC adalah acara yang diisi dengan banyak peluncuran gawai.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ekosistem teknologi seluler di acara konektivitas terbesar dan paling berpengaruh di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2023 kembali diselenggarakan di Barcelona, Spanyol.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Ekosistem teknologi seluler di acara konektivitas terbesar dan paling berpengaruh di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2023 kembali diselenggarakan di Barcelona, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ekosistem teknologi seluler di acara konektivitas terbesar dan paling berpengaruh di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2023 kembali diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Acara itu memenuhi aula pusat konvensi Fira de Barcelona pada 27 Februari dan 2 Maret 2023.

Dilansir The Verge pada Selasa (28/2/2023), pameran dagang itu dilaporkan memiliki puluhan ribu peserta yang berasal lebih dari 200 negara. Para peserta itu dapat melihat pratinjau teknologi terbaru yang berdampak pada industri seluler secara luas.

Baca Juga

Dalam hal teknologi konsumen, MWC adalah acara yang diisi dengan banyak peluncuran gawai. Nama-nama merek seperti Honor, OnePlus, Huawei, dan Nokia dari HMD diperkirakan membuat pengumuman besar di acara tersebut, meskipun pemain kunci seperti Samsung dan Sony tampaknya tidak mempersiapkan pengumuman besar untuk acara tersebut.

Seperti banyak pameran dagang, MWC menjadi acara yang sepi selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, MWC dibatalkan seluruhnya pada 2020, karena pandemi Covid-19. Pada tahun ini, MWC tampaknya akan sedikit lebih sibuk.

Menyusul peluncuran khusus Cina akhir tahun lalu, Xiaomi 13 dan 13 Pro mengambil panggung global di Mobile World Congress. Kedua produk dengan kamera co-branded Leica dan chipset Snapdragon 8 Gen 2 kelas atas itu akan dijual di Eropa dan Asia.

Keduanya adalah ponsel kelas menengah atas, tetapi 13 Pro menonjol dengan sensor tipe 1 inci yang dipinjam dari Xiaomi 12S Ultra dan kabel daya isi ulang cepat 120W. Keduanya dilengkapi dengan OLED refresh cepat 120Hz, dengan 13 memiliki layar 1080p 6,3 inci yang lebih kecil dan 13 Pro memiliki layar LTPO 1440p 6,7 inci. Setiap perangkat memiliki IP68 untuk ketahanan air dan debu dan mendukung pengisian daya nirkabel 50W. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement