Jumat 24 Feb 2023 22:08 WIB

Masih Tanda Tangan Pakai Pulpen? Ganti ke Tanda Tangan Elektronik, Ini Manfaatnya

Meningkatnya penggunaan tanda tangan elektronik sejalan dengan tren digitalisasi.

Tanda tangan elektronik (ilustrasi). Setidaknya ada lima manfaat tanda tangan elektronik yang makin banyak digunakan seiring dengan tren digitalisasi.
Foto: dok istimewa
Tanda tangan elektronik (ilustrasi). Setidaknya ada lima manfaat tanda tangan elektronik yang makin banyak digunakan seiring dengan tren digitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi membawa kemudahan pada setiap aspek aktivitas sehari-hari. Salah satunya menandatangani dokumen dengan tanda tangan elektronik yang menggantikan tanda tangan basah.

Pimpinan inovasi di Mekari Brendan Rakphongphairoj dalam keterangan pers, Jumat (24/2/2023) mengatakan, meningkatnya penggunaan tanda tangan elektronik atau e-signature sejalan dengan tren digitalisasi yang membuat bisnis semakin paperless atau tanpa kertas. "E-signature bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan yang sehari-harinya harus memproses berbagai macam dokumen, termasuk perusahaan di bidang ritel, hospitality, pendidikan, serta layanan profesional seperti konsultan, business-to-business (B2B) dan teknologi," kata Rakphongphairo.

Baca Juga

Mekari, yang menyediakan tanda tangan elektronik bersertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), menemukan setidaknya ada lima manfaat menggunakan tanda tangan elektronik:

1. Satu klik untuk menandatangani semua

Menandatangani puluhan dokumen bisa menyita banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas lain. Tanda tangan elektronik mempercepat penandatanganan dokumen karena puluhan dokumen yang telah diunggah ke aplikasi bisa secara sekaligus dibubuhi tanda tangan. Aplikasi tanda tangan elektronikpun bisa menangani dokumen dengan ragam format, mulai dari PDF hingga docx.

2. Santai mengejar tanda tangan

Mengejar tanda tangan seseorang terkadang melelahkan. Aplikasi tanda tangan elektronikmemudahkan permohonan tanda tangan karena aplikasi akan otomatis mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan orang-orang untuk menandatangani dokumen sebelum tenggat waktu.

Selain itu, aplikasi tanda tangan elektronikjuga memungkinkan semua yang terlibat untuk memantau proses penandatanganan secara terkini, yang semakin mempermudah permintaan tanda tangan.

3. Bebas dari kerepotan pengiriman dokumen

Mengirim banyak dokumen dengan kurir untuk ditandatangani secara basah memakan biaya, apalagi jika dokumen harus dikirimkan ke luar kota atau negeri. Aplikasi tanda tangan elektronik meniadakan ongkos pengiriman karena pembubuhan tanda tangan cukup dilakukan secara daring. Dokumen pun bisa dikirim sekaligus secara massal, fitur yang berguna bagi perusahaan yang harus mengirim berbagai kontrak atau faktur penjualan ke pelanggan dan penyuplai.

4. Kerahasiaan dan keamanan terjaga

Banyak dokumen, seperti perjanjian atau kontrak, berisi informasi yang harus dijaga kerahasiaannya. Oleh sebab itu, dokumen harus dijaga agar jangan sampai hilang, serta dibaca atau disalin oleh mereka yang tidak berwenang.

Aplikasi tanda tangan elektronik memiliki berbagai fitur yang memastikan bahwa hanya pihak yang diberikan wewenang bisa mengakses dan menandatangani dokumen.

Fitur jejak audit, misalnya, merekam secara rinci perubahan yang dilakukan pihak manapun pada dokumen. Pastikan juga bahwa aplikasi tanda tangan elektronik sudah bersertifikat Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) sehingga tanda tangan yang dibubuhkan dianggap sah secara hukum.

5. Fleksibel

Aplikasi tanda tangan elektronik menyimpan semua dokumen di awan sehingga penandatanganan dapat dilakukan secara multi platform melalui ponsel pintar, tablet, dan komputer. Pengoperasian bisnis pun menjadi tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement