Jumat 24 Feb 2023 19:04 WIB

Email-nya Dibalas, UII Ungkap Alasan Dosennya Menghilang

Dalam pesan tersebut AMRP menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Suasana kampus UII Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Suasana kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Upaya pencarian Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) dosen Universitas Islam Indonesia (UII) yang sempat dinyatakan hilang kontak menemukan titik terang. Pihak kampus mengaku sudah menerima informasi alasan AMRP mengubah rute ke Boston, Amerika Serikat. 

"UII bersyukur karena upaya pelacakan keberadaan AMRP yang hilang kontak telah membuahkan hasil. AMRP telah membalas korespondensi email yang dikirimkan UII," kata Rektor UII, Fathul Wahid, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023). 

Fathul mengatakan, di dalam balasan surat elektronik tersebut AMRP mengungkapkan alasan pengalihan rute karena alasan kesehatan. Dalam pesan tersebut AMRP juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada rektor dan seluruh sivitas akademika UII atas kegaduhan yang muncul di publik terkait persoalan tersebut.

"UII mendoakan semoga AMRP lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima," ujar Fathul. 

Fathul memastikan UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi AMRP apabila diperlukan. UII mendoakan semoga AMRP lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima. 

UII akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi AMRP apabila diperlukan. Fathul juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu penelusuran dan pengungkapan kasus ini. Termasuk kepada pihak Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, KJRI New York, KBRI Oslo, KJRI di Istanbul, KBRI Ankara, KBRI Riyadh, PP Muhammadiyah, National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia.

"UII berharap, rilis media ini dapat mengakhiri spekulasi yang berkembang di tengah publik," jelasnya.

Sebelumnya, seorang dosen UII Yogyakarta, Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) dilaporkan hilang setelah yang bersangkutan sebelumnya mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Oslo, Norwegia. Namun belakangan Mabes Polri menyebut keberadaan AMRP sudah terdeteksi di Boston, Amerika Serikat, dimana yang bersangkutan tidak hilang tetapi mengubah rute kepulangan tanpa pemberitahuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement