Rabu 22 Feb 2023 15:17 WIB

YouTube Segera Izinkan Pengguna Unggah Podcast

Pengguna dapat mengunggah podcast dan menempatkan di YouTube Studio.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Youtube sedang menguji fitur baru agar podcaster dapat mengunggah podcast mereka. Fitur ini diperkirakan akan membuat YouTube menjangkau audiens yang lebih luas./ilustrasi
Foto: Reuters/Shohei Miyano
Youtube sedang menguji fitur baru agar podcaster dapat mengunggah podcast mereka. Fitur ini diperkirakan akan membuat YouTube menjangkau audiens yang lebih luas./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Situs web berbagi video, YouTube punya kabar baik untuk podcaster. Platform streaming video itu sedang menguji fitur baru agar podcaster dapat mengunggah podcast mereka. Fitur ini diperkirakan akan membuat YouTube menjangkau audiens yang lebih luas.

Sesuai laporan Podnews, fitur yang dinamai YouTube feature experiments akan memungkinkan pengguna mengunggah podcast dan menempatkan di YouTube Studio. Fitur ini akan menampilkan analitik podcast di desktop yang mencakup kinerja, jumlah audiens, dan informasi pendapatan.

Baca Juga

Menurut YouTube, pengguna yang telah mendaftar untuk pengujian beta akan dapat mengunggah podcast melalui tombol Create. Saat ini, tombol Create ketika diperluas memungkinkan YouTuber mengunggah video, membuat kiriman teks, dan memulai streaming langsung.

Selain itu, kreator juga dapat melihat podcast di bawah tab Podcast baru di menu konten. Daftar putar yang ada juga dapat disetel sebagai podcast menggunakan opsi baru di menu tiga titik.

Menu konten juga akan diperbarui dan tab Podcast baru akan ditambahkan ke dalam daftar. YouTube juga akan member pengguna kemampuan untuk mengatur daftar putar yang ada sebagai podcast. Kemampuan untuk mengatur daftar putar sebagai podcast akan ditempatkan di opsi (yang sampal sekarang mash belum diketahui) di ménu tiga titik.

"Untuk memudahkan pembuat mendistribusikan podcast mereka di YouTube, kami menjalankan eksperimen yang memungkinkan Anda membuat podcast atau menyetel daftar putar yang ada sebagai podcast di dalam Studio,” tulis halaman dukungan YouTube dilansir //Times of India//, Rabu (22/2/2023).

Jika Anda adalah kreator dalam eksperimen, maka Anda dapat mengunggah podcast dengan memilih Create » New Podcast. Anda bisa melihat semua podcast Anda di menu Content di bawah tab Podcast. Anda dapat menandai daftar putar yang ada sebagai podcast dengan memilih menu tiga titik > Set sebagai podcast. Anda juga dapat mengukur podcast Anda di analitik, di mana Anda akan melihat sekumpulan tab dengan informasi kinerja, audiens, dan pendapatan untuk setiap acara podcast. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement