Selasa 21 Feb 2023 21:23 WIB

Pemkab Malang Komitmen Kelola Sampah Lebih Baik 

The Alliance to End Plastic Waste dapat membantu tangani permasalahan sampah plastik.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi
Pengolahan sampah. Ilustrasi
Foto: Republika/Abdan Syakura
Pengolahan sampah. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melakukan komitmen bersama dengan Program Indonesia Bersih. Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan MoU antara Bupati Malang, M Sanusi, dengan Direktur Program Indonesia Bersih, Toby Manners di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (21/2/2023).

Sanusi menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta komitmen dari The Alliance to End Plastic Waste dan seluruh stakeholder. Hal ini terutama dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang lebih baik di Kabupaten Malang.

"Hal tersebut semata bertujuan untuk mendukung pencapaian target-target pengelolaan sampah baik pada skala nasional maupun daerah," kata Sanusi, Selasa.

Menurut Sanusi, The Alliance to End Plastic Waste dapat sesegera mungkin membantu menangani permasalahan sampah plastik di Kabupaten Malang. Sebab itu, dia berharap kerja sama ini dapat berlanjut dan segera membangun dan mewujudkannya. Kemudian hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberlangsungan dan kelestarian lingkungan secara lebih luas.

Sanusi menilai, penandatanganan kerja sama ini merupakan bagian penting dalam mengimplementasikan Program Bersih Indonesia di Kabupaten Malang. "Utamanya dalam hal penyaluran hibah infrastruktur persampahan dari The Alliance to End Plastic Waste," jelas Sanusi.

Selanjutnya, penandatanganan MoU ini akan disusul dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Hal ini bertujuan agar percepatan realisasi Program Bersih Indonesia di Kabupaten Malang dapat segera terealisasi. Kemudian dapat menjadi solusi atas permasalahan pengelolaan sampah. 

Dengan langkah-langkah tersebut, Sanusi menargetkan agar Kabupaten Malang dapat menjadi best practice pengelolaan sampah holistik di Indonesia. Terlebih, terdapat rencana pembangunan TPA di Kepanjen dan Poncokusumo.

Pada kesempatan sama, Direktur Program Indonesia Bersih, Toby Manners mengaku sangat bangga dengan apa yang sudah dicapai. Menurut dia, program ini tidak hanya penting bagi Kabupaten Malang tetapi juga di Indonesia. Bahkan, hal tersebut dapat menjadi program percontohan di dunia. 

"Kami yakin akan menemukan jalan terbaik secara bersama-sama. Selanjutnya, setelah MoU ini, dilanjutkan dengan penandatangan PKS untuk kelanjutan program berikutnya," ungkap Toby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement