Sabtu 18 Feb 2023 13:45 WIB

Banyak Pengguna Berbagi Password, Netflix akan Berlakukan Aturan Ini

Tindakan berbagi password menurunkan pendapatan dan pelanggan Netflix.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Netflix  akan membebankan biaya tambahan jika mereka kedapatan berbagi akun dengan orang lain selain yang tinggal bersama.
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Netflix akan membebankan biaya tambahan jika mereka kedapatan berbagi akun dengan orang lain selain yang tinggal bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Netflix tampaknya mulai geram dengan para pengguna yang kerap berbagi password dengan orang lain. Kini, platform tersebut akan membebankan biaya tambahan jika mereka kedapatan berbagi akun dengan orang lain selain yang tinggal bersama.

Netflix sebetulnya sudah mulai membebankan biaya tambahan tersebut di berbagai wilayah. Mereka berencana untuk memperluas langkah-langkah anti-sharing password ke sebagian besar wilayah pada kuartal pertama 2023. Netflix baru-baru ini mulai mengenakan biaya kepada pengguna yang berbasis di Amerika Utara, dan beberapa wilayah lainnya. Dilaporkan juga Netflix berencana untuk melakukan hal yang sama di Inggris pada akhir Maret.

Baca Juga

Tindakan berbagi password tersebut dinilai merugikan dan bisa menurunkan pemasukan juga pelanggan Netflix. Mantan CEO Netflix, Reed Hastings, mengungkapkan tahun lalu bahwa opsi berbagi password akan di stop secara bertahap.

Lalu Co-Chief Executive Officer (CEO) yang baru, Greg Peters dan Ted Sarandos, mengatakan dalam wawancara dengan Bloomberg bahwa berbagi password Netflix akan segera berakhir untuk semua pengguna. Hal ini menunjukkan bahwa orang Indonesia yang mengandalkan teman dan orang lain untuk menggunakan Netflix akan segera perlu membayar untuk menggunakan platform ini.

 

Indonesia merupakan salah satu pasar Netflix dengan ratusan ribu pengguna. Tetapi, bukan rahasia lagi bahwa banyak orang Indonesia telah berbagi akun Netflix dengan banyak teman dan anggota keluarga. Jadi, Indonesia bisa menjadi target berikutnya meskipun tidak diketahui kapan Netflix akan menerapkan kebijakan tersebut di Indonesia

Dilansir dari India Today, Sabtu (18/2/2023), Netflix mengatakan bahwa orang yang tinggal di rumah yang sama dapat berbagi akun Netflix, tetapi jika pengguna mencoba berbagi akun dengan orang luar, maka perusahaan akan mulai mengenakan biaya tambahan kepada mereka.

Perlu diingat bahwa jika ada anggota keluarga yang pindah ke tempat lain, maka orang tersebut tidak akan dapat menggunakan akun Netflix yang sama karena Netflix tidak mengizinkan berbagi kata sandi di luar rumah.

Netflix akan mengetahui jika Anda mencoba berbagi password dengan siapa pun. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa situs webnya menggunakan alamat IP, ID perangkat, dan aktivitas akun dari perangkat yang masuk ke akun Netflix untuk mengetahui apakah perangkat menggunakan akun di rumah yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement