Jumat 17 Feb 2023 12:19 WIB

Google Desain Ulang Gboard, Seperti Apa?

Aplikasi sedang didesain ulang dan penguji beta sudah melihat di mana perubahannya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi GBoard sedang didesain ulang, dan penguji beta sudah melihat di mana perubahannya/ilustrasi.
Foto: AP Photo/Marcio Jose Sanchez, File
Aplikasi GBoard sedang didesain ulang, dan penguji beta sudah melihat di mana perubahannya/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi keyboard Google untuk Android, Gboard, telah menjadi pokok pengiriman pesan dan pengetikan pada jutaan bahkan miliaran perangkat di luar sana.

Dilansir dari laman GSM Arena, Jumat (17/2/2023), sekarang aplikasi sedang didesain ulang, dan penguji beta sudah melihat di mana perubahannya. Perbaikan utama secara visual adalah bilah alat yang dirubah, memungkinkan Anda untuk akhirnya menyesuaikannya dengan lebih dari empat opsi. Perubahan lainnya adalah tombol pencarian suara yang akhirnya dapat dihapus.

Baca Juga

Perubahan lain yang nampak adalah lingkaran saat ini dengan panah hanya menyembunyikan atau mengungkapkan empat fitur yang dapat disesuaikan. Tombol akan berubah menjadi empat kotak, dan menu tiga titik akan hilang. Hal ini membebaskan ruang untuk satu pintasan lagi.

Menu mikro fitur juga didesain ulang, menyisakan ruang untuk lebih banyak penyesuaian di masa mendatang. Alih-alih enam lingkaran mengambil semua tempat, kita akan memiliki persegi panjang.

Google juga sedang mengerjakan menu Privasi baru dalam pengaturan Gboard. Ini sebagian besar fitur dari menu Advanced, tetapi sekarang berada di bawah tab baru. Tentu saja hal ini membuatnya lebih mudah untuk dinavigasi dan mengontrol fitur privasi dari aplikasi papan ketik.

Program Beta terbuka untuk semua orang melalui Google Play, dan versi barunya adalah 12.6.06.491625702.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement