Rabu 15 Feb 2023 16:33 WIB

Pas untuk Buat Konten, Ini 5 Kamera Premium Terbaik

Kamera dengan spek terbaik bisa menghasilkan konten yang lebih jernih.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk menghasilkan kualitas konten terbaik, kamera dengan spek mumpuni bisa menjadi pilihan/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Untuk menghasilkan kualitas konten terbaik, kamera dengan spek mumpuni bisa menjadi pilihan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Membuat konten dan menjadi seorang Youtuber, tampaknya telah menjadi cita-cita baru bagi sebagian anak-anak di dunia. Pekerjaan yang dapat menghasilkan uang lewat unggahan video, dan dapat dikerjakan di mana pun sesuai konten yang ingin disuguhkan.

Hal ini memang bisa dilakukan menggunakan kamera handphone, namun seiring nama yang kian besar, tentu akan muncul keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi penonton. Lantas kamera apa saja yang memiliki harga cukup mahal namun memberikan konten terbaik? Berikut lima di antaranya yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga

1. Canon XA11

Canon XA11 ini termasuk dalam jajaran kamera kelas atas dengan harga sekitar Rp 21 juta, dan ini merupakan kamera vlogging utama yang dipakai Pewdiepie. Kamera ini menangkap footage dalam 1080p dan cocok untuk berbagai penggunaan, mulai dari vlogging hingga merekam footage dokumenter.

Meski tidak menampilkan resolusi 4k, tetapi berbagai fitur canggih membantu menebusnya, seperti memiliki lensa zoom optik definisi tinggi 20x yang kuat, beberapa opsi stabilisasi gambar, sensor gambar HD CMOS untuk kinerja cahaya redup, slot kartu SD ganda, dan prosesor gambar DIGIC DV 4 canggih.

 

2. Panasonic Lumix GH5

Diluncurkan pada 2017, Panasonic Lumix GH5 sempat membuat heboh. Dibuat untuk menghadirkan video 4K terdepan di kelasnya dan gambar diam 20,3 megapiksel yang kuat pada saat hanya sedikit model mirrorless yang mampu melakukan keduanya.

Model ini dianggap sebagai model hybrid perintis, nilai uang yang luar biasa, dan salah satu kamera 4K terbaik di pasar dengan harga sekitar Rp 24 juta. Kamera ini pun digunakan oleh Atta Halilintar untuk video-videonya, dan masih ia gunakan hingga saat ini.

 

3. Sony A7S II

Sony A7S II membawa A7S ke level selanjutnya dengan harga sekitar Rp 35 juta dan kamera ini dipakai oleh Chandra Liow. Bodi kamera yang didesain ulang, fokus otomatis yang lebih baik, dan sejumlah fitur baru menjadikan A7S II kamera mirrorless full-frame yang sangat andal, apa pun kondisi pencahayaannya.

Dengan sensor full-frame 12,2 megapiksel dan rentang ISO asli 100-102.400, A7S II dirancang untuk memberikan kinerja luar biasa di berbagai kecepatan ISO. Memanfaatkan stabilisasi gambar 5-axis Sony untuk memberikan pengurangan getaran hingga 4,5 stop, A7S II siap memberikan gambar yang bagus dalam cahaya redup.

 

4. Insta360 ONE X2

Ini adalah kamera dual-lens mode 360-cam dengan 5,7k capture & steady cam mode single lens untuk pengambilan yang stabil. Stabilisasi flowstate adalah stabilisasi terbaik dalam game dengan level horizon lick. Hanya dengan satu perangkat, kru kamera saku bisa memotret terlebih dahulu ke segala arah dengan super capture, kemudian memilih sudut favorit.

Ini bisa memberikan pilihan hanya satu lensa dengan mode kamera stabil untuk rekaman sudut ultra lebar dan kamera saku ini tahan air. Kamera dengan harga sekitar Rp 7 juta, dapat dibawa keluar saat hujan badai atau berselancar.

 

5. GoPro Hero 11

Kamera ini menghasilkan video sorotan luar biasa yang dikirimkan ke ponsel secara otomatis. Sensor gambarnya yang baru dan lebih besar, menangkap lebih banyak pemandangan dengan kualitas gambar yang lebih tinggi, sehingga bisa langsung berbagi bidikan vertikal ke media sosial.

HyperSmooth 5.0 memiliki fitur AutoBoost dan Horizon Lock built-in, memastikan bidikannya paling halus dan menakjubkan. Efek New Night dalam kamera seharga Rp 6,5 juta ini, memungkinkan berkreasi dalam gelap, dan warna 10-bit menghidupkan semua video.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement