Rabu 15 Feb 2023 15:32 WIB

Ini Dia 5 Ponsel Gaming Terbaik 2023

Ponsel gim ini didesain untuk memiliki kekuatan, kinerja, dan kecepatan yang unggul.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perangkat smartphone gaming dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain gim seluler terbaik. (ilustrasi)
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Perangkat smartphone gaming dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain gim seluler terbaik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perangkat smartphone gaming dirancang khusus untuk memberikan pengalaman bermain gim seluler terbaik. Ibarat mobil sport, ponsel khusus ini pun didesain untuk memiliki kekuatan, kinerja, dan kecepatan yang unggul.

Ponsel gaming mungkin tidak memiliki semua teknologi modern selayaknya ponsel andalan lain, sebab kinerja jadi tujuan utamanya. Untuk para pemain gim, berikut lima smartphone gaming terbaik di 2023 yang bisa menjadi pilihan, dikutip dari laman GizChina, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga

1. ZTE Nubia Red Magic 8 Pro

Sejak diluncurkan, ponsel dengan sejumlah spesifikasi yang mendukung untuk gaming ini cukup menjadi hype. Desainnya terbilang unik dengan bingkai persegi dan tepinya yang rata. Ponsel memiliki layar AMOLED 6,8 inchi dengan kecepatan refresh 120Hz.

Resolusi layar 1116 x 2480, termasuk salah satu resolusi tertinggi di jajaran ponsel gim. Keunggulan lainnya, ponsel ini punya kapasitas baterai 6.000mAh dan kemampuan pengisian daya 165W. Hanya butuh 14 menit untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen.

Ada widget khusus untuk mengubah kecepatan refresh saat bermain gim. Perangkat ini dilengkapi dengan jack headphone 3.5mm dan kipas pendingin internal untuk menjaga ponsel pada suhu yang lebih rendah setiap saat. Harganya sekitar Rp 13,25 juta.

 

2. Asus ROG Phone 6 Pro

Perangkat ini merupakan pembaruan dari seri sebelumnya, Asus ROG Phone 5. Tampilannya terbilang sama, dengan ukuran layar 6,78 inchi dan resolusi 1080 x 2448 pixels. Namun, pembaruan untuk seri terkini cukup banyak, termasuk bobot yang lebih ringan.

Fitur tambahan yang dihadirkan yakni air trigger untuk performa gim lebih cepat. Ini memudahkan penyuka gim aksi dengan baku tembak untuk memiliki bidikan lebih tepat. Sensitivitas sentuhan bisa diatur sesuai kebutuhan. Perangkat juga punya audio yang mumpuni dan kencang. Asus ROG Phone 6 Pro dijual dengan harga Rp 18,99 juta.

 

3. Asus ROG Phone 5

Seri ini adalah pendahulu dari Asus ROG Phone 6 Pro yang sudah dibahas. Asus ROG Phone 5 diluncurkan secara resmi pada Maret 2021, tapi masih menjadi ponsel gim  andalan di tahun ini. Snapdragon 888 chip di dalam perangkat cukup tangguh untuk memainkan gim berat sekalipun.

Ponsel ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi tema permainan. Dengan mengeklik satu ikon, akan langsung terhubung ke user interface (UI) untuk mengakses semua gim yang ada di ponsel. Rentang harga Asus ROG Phone 5 sekitar Rp 7,9 juta hingga Rp 11,9 juta.

 

4. Xiaomi Black Shark 5 Pro

Xiaomi Black Shark 5 Pro dilengkapi dengan dual vapor chamber, yang membuat perangkat tetap bekerja pada suhu lebih rendah bahkan setelah bermain gim jangka panjang. Fitur lain yang membuat ponsel ini istimewa adalah "bypass battery option". Dengan fitur ini, pengisi daya hanya akan membuat ponsel berfungsi tetapi tidak menambah daya baterai.

Artinya, jika baterai tersisa 57 persen sebelum memulai permainan, angkanya akan tetap 57 persen meski berjam-jam bermain gim. Fitur ini melindungi baterai dari gangguan dan juga membantu ponsel mempertahankan suhu yang lebih rendah. Black Shark 5 Pro dijual dengan harga Rp 13,5 jutaan.

 

5. ZTE Nubia Red Magic 7 Pro

Ponsel ini dianggap sebagai paket lengkap ponsel gim yang karakteristiknya menyerupai PC gim. Desain bagian belakang semitransparan dan kipas pendingin RGB light membuatnya populer dan dapat ulasan bagus dari penggemar teknologi.

Salah satu sorotan utama Red Magic 7 Pro adalah tombol pengaturan mode permainan khusus, di mana pengguna bisa mengatur personalisasi sejumlah gim. Untuk memiliki ponsel canggih ini, konsumen bisa merogoh kocek sekitar Rp 13 jutaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement