Rabu 15 Feb 2023 14:44 WIB

Jangan Sampai Salah Belanja, Cek 5 Website Ini Dulu

Konsumen juga dapat mengunjungi beberapa situs yang memiliki kredibilitas baik,

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Warga mengakses aplikasi belanja daring.  Agar tidak salah beli, konsumen juga dapat mengunjungi beberapa situs yang memiliki kredibilitas baik,
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Warga mengakses aplikasi belanja daring. Agar tidak salah beli, konsumen juga dapat mengunjungi beberapa situs yang memiliki kredibilitas baik,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak pertimbangan saat hendak membeli produk. Di era digital, konsumen dibanjiri penawaran maupun ulasan produk itu sendiri agar memudahkan dalam memilah yang sesuai keinginan maupun kebutuhan. Fitur ulasan juga tersedia di hampir semua situs niaga elektronik. Selain itu, konsumen juga dapat mengunjungi beberapa situs yang memiliki kredibilitas baik, seperti berikut.

1.PickyBest.id

Baca Juga

PickyBest.id termasuk situs yang memberikan daftar rekomendasi banyak hal termasuk produk dengan kualitas terbaik dan bagus untuk Anda. Situs tersebut memanfaatkan mesin pencari untuk menemukan review dari pengguna terhadap produk-produk yang akan diulas dan bagikan pada setiap tulisan di halaman web-nya.

Tentunya, produk-produk tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tujuan dibuat situs ini adalah untuk memudahkan pengguna menemukan produk yang tepat dengan tiga langkah, yaitu deskripsi perbandingan hingga menemukan mana produk terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Try and Review

Try and Review adalah sumber ulasan konsumen bertaraf internasional yang telah meliput lebih dari 30 ribu produk dalam 13 kategori, mulai dari Kecantikan, Perawatan Pribadi, Perawatan Kulit, Perawatan Rambut, Wewangian, Mandi & Tubuh, Kesehatan, Rumah, Barang Mewah, Bayi, Makanan, Hewan Peliharaan, dan Elektronik.

Meskipun Try and Review telah tumbuh dan berkembang di dalam berbagai negara, situs ini tetap memiliki misi yang sama untuk memberdayakan suara dan opini konsumen dalam review yang orisinal dan objektif. Dengan mengoleksi data virtual penuh ulasan seperti ini, Try and Review memungkinkan para pengguna untuk mencoba produk-produk baru dan berbagi sudut pandang mereka untuk membantu konsumen lainnya berbelanja lebih baik.

 

3. Consumer Reports

Consumer Reports didirikan pada tahun 1936 ketika konsumen dibanjiri dengan produk konsumen, layanan, dan penawaran bisnis yang berlebihan. Saat ini, platform didukung oleh 63 laboratorium pengujian, 130 lebih peneliti dan ilmuwan independen untuk meninjau produk konsumen.

 

4. Google Customer Reviews

Layanan Google Bisnisku memungkinkan perusahaan membuat akun profil bisnis, memverifikasi lokasi bisnis mereka, dan memberikan wawasan berharga tentang barang, layanan, dan solusi yang mereka tawarkan kepada konsumen. Setelah akun dibuat, pelanggan dapat menilai atau meninggalkan ulasan produk tertulis untuk dilihat orang lain.

 

5. Amazon Customer Reviews

Pilihan berikutnya untuk platform ulasan pelanggan teratas adalah Amazon.com. Rraksasa niaga elektronik ini menjadi salah satu yang terbaik dalam pemenuhan, pemasaran target, dan pengembalian, tetapi bagian ulasan pelanggan mereka, termasuk yang paling tepercaya di antara konsumen dan pemilik bisnis itu sendiri. Bagian ulasan memungkinkan pelanggan terverifikasi untuk memberikan peringkat dari lima bintang pada kualitas layanan dan transaksi mereka. Mereka juga dapat menulis ulasan tertulis tentang pengalaman berbelanja mereka dengan penjual tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement