Rabu 15 Feb 2023 07:11 WIB

5 Kiat Belanja Daring Hemat untuk Kebutuhan Ramadhan

Beberapa kategori produk biasanya lebih banyak digandrungi selama Ramadhan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa kategori produk belanja yang biasanya lebih banyak digandrungi selama Ramadhan./ilustrasi
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Ada beberapa kategori produk belanja yang biasanya lebih banyak digandrungi selama Ramadhan./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat Ramadhan, biasanya konsumsi masyarakat lebih meningkat. Tak mengherankan bila menjelang Ramadhan pun sebagian kita sudah mencicil belanja untuk kebutuhan bulan puasa nanti. Menurut data internal Tokopedia, ada beberapa kategori produk belanja yang biasanya lebih banyak digandrungi selama Ramadhan. Kategori itu seperti makanan dan minuman, kecantikan, perawatan diri, fashion ibu dan anak.

Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia mengatakan itu menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama Ramadan 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk Ramadhan 2023, diperkirakan tidak jauh berbeda. “Dari data tersebut, terlihat animo belanja pada masyarakat yang sangat tinggi selama Ramadhan,” kata Ekhel, dalam keterangannya, diterima Rabu (15/2/2023).

Baca Juga

Tokopedia membagikan lima kiat belanja daring untuk kebutuhan Ramadhan yang lebih hemat agar kantong tetap aman.

1. Manfaatkan layanan unggulan

Manfaatkan layanan unggulan dari niaga elektronik untuk belanja kebutuhan menu sahur dan buka puasa. Misalnya, dengan memanfaatkan layanan Tokopedia NOW!, masyarakat bisa dengan mudah berbelanja bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka puasa. Selain bebas ongkir, pengguna juga bisa menerima pesanannya dalam waktu maksimal dua jam setelah pembayaran.

 

2. Kejar Promo Setiap Hari

Biasanya ada berbagai promo setiap hari untuk membantu pengguna berbelanja dengan lebih efisien. Promo dari Tokopedia sekaligus bertujuan menjaga kelangsungan bisnis para pelaku UMKM dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, Tokopedia juga secara rutin mengadakan festival belanja bulanan 'Waktu Indonesia Belanja' (WIB) setiap tanggal 25 hingga akhir bulan yang menawarkan lebih banyak nilai tambah.

 

3. Manfaatkan Bebas Ongkir

Masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia bisa memanfaatkan promo bebas ongkir agar semakin hemat saat berbelanja. Pilih toko bertanda ‘bebas ongkir’ untuk mendapat manfaat tersebut.

 

4. Pilih Opsi Terdekat

Masyarakat dapat menjangkau produk di opsi wilayah terdekat. Tentunya hal ini membuat pengeluaran biaya ongkos kirim jadi lebih terjangkau. Pilih opsi yang dititipkan di ‘gudang pintar’ dilayani Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dengan dengan pilihan produk yang lebih beragam. Pengiriman menjadi lebih cepat serta terjangkau dan efisien.

 

5. Bandingkan Harga

Buat perbandingan produk dengan melihat beberapa hal seperti harga yang ditawarkan penjual, lokasi penjual, reputasi dan ulasan toko, promo hingga biaya pengiriman. Banyak penjual bahkan memberikan penawaran paket bundling produk sehingga pembeli bisa berbelanja lebih banyak dengan harga terjangkau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement