Selasa 24 Jan 2023 11:26 WIB

Kisah Alfin Hingga Viral di Media Sosial, Diapresiasi Wali Kota Bogor

Alfin Alfarizqi membantu membuka jalan kendaraan pemadam kebakaran di Bogor. 

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Petugas pemadam kebakaran Kota Bogor.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah/aww.
(ILUSTRASI) Petugas pemadam kebakaran Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pada Kamis (19/1/2023) petang lalu, Alfin Alfarizqi (14 tahun) tengah menunggu angkutan umum selepas pulang sekolah. Tiba-tiba pelajar SMPN 7 Kota Bogor itu mendengar sirene kendaraan pemadam kebakaran.

Mobil pemadam kebakaran itu kesulitan melaju di kawasan Empang, Kota Bogor, karena padatnya lalu lintas kendaraan. “Saya inisiatif ke tengah membukakan jalan. Sebelumnya juga pernah saya bantu hal yang sama, tapi untuk ambulans,” ujar Alfin, Senin (23/1/2023).

Aksi Alfin itu lantas viral di media sosial. Alfin mengaku tak tahu menjadi viral lantaran tidak memiliki akun sosial media. Namun, ia mengetahui video aksinya membantu lalu lintas kendaraan pemadam kebakaran itu beredar di aplikasi pesan WhatsApp (WA). “Di grup WhatsApp sekolah banyak yang ngirim juga. Padahal saya enggak sadar juga kalau divideoin sama petugasnya. Tiba-tiba muncul di mana-mana,” kata dia. 

Nenek Alfin disebut sempat kaget karena khawatir cucunya itu viral lantaran berlaku negatif, seperti tawuran. Namun, kakak Alfin memberikan penjelasan kepada sang nenek.

Aksi Alfin membantu membuka jalan kendaraan pemadam kebakaran itu diapresiasi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Wali Kota mengunjungi tempat tinggal Alfin di Kampung Muara Kidul, Kelurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Senin (23/1/2023). Bima Arya mengobrol dengan Alfin, yang sejak kecil dirawat oleh neneknya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap Alfin, Bima Arya memberikan sejumlah hadiah, antara lain sepeda, sepatu dan buku. Alfin, yang merupakan anggota Pramuka Kwarcab Kota Bogor, dinilai dapat menginspirasi orang lain karena tindakannya membantu petugas.

Menurut Bima Arya, sudah sepatutnya anak muda seperti Alfin berani dalam berbuat kebaikan dan membantu orang lain. “Berjasa sekali, terima kasih Alfin. Alfin adalah contoh baik yang mengamalkan dengan baik Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong, dan juga berani,” kata dia.

Bima Arya pun mendoakan Alfin agar bisa menggapai cita-citanya. “Semoga sehat selalu, terkabul cita-citanya (menjadi TNI),” ujar Bima Arya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement