Jumat 20 Jan 2023 20:10 WIB

Simulasi Kebakaran di Gedung Sate, Wagub Jabar Minta tak Hanya Seremonial

Simulasi digelar dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar menggelar simulasi kebakaran di Gedung Sate, Jumat (20/1/2023).  (ilustrasi)
Foto: jabarprov.go.id
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar menggelar simulasi kebakaran di Gedung Sate, Jumat (20/1/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar menggelar simulasi kebakaran di Gedung Sate, Jumat (20/1/2023). Simulasi tersebut, digelar dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tingkat Provinsi Jabar tahun 2023.

Yakni, disumulasikan salah satu pojok di Gedung Sate alami kebakaran, pemadam kebakaran pun riuh menuju Gedung Sate. Kemudian, kebakaran pun berhasil dipadamkan. Namun ada beberapa orang yang terluka dan alami patah tulang yang saat itu segera ditangani oleh tenaga medis.

Baca Juga

Acara simulasi pun, cukup membuat PNS yang hadir tegang. Simulasi tersebut, disaksikan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum beserta OPD lain dan beberapa perusahaan di Gedung Sate.

"Perusahaan jangan lalai dalam memperhatikan sarana dan prasarana kantor, kemudian SDM nya juga pahami K3. Simulasi ini supaya jadi contoh agar perusahaan siap kapan dan di mana ada hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Uu.

Uu meminta, simulasi ini jangan jadi seremonial saja. Tapi harus diterapkan di perusahaan maupun organisasi pemerintah mengutamakan K3 sebagai kesiapsiagaan atau sedia payung sebelum hujan. "Karena kita tidak tahu apa yang terjadi kedepan," katanya.

Menurut Kadisnakertrans Jabar Rachmat Taufik Garsadi, Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional diperingati setiap tahun mulai tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2023. Tujuan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023 ini, untuk memasyarakatkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3.

"Karena sering kali kita lupa bahwa dalam nikmat yang kita rasakan berupa nikmat selamat dan sehat merupakan wujud perilaku atau budaya K3 yang baik," katanya.

Taufik menilai, kalau seluruh lapisan masyarakat memiliki budaya K3 yang baik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari maka tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan terus menurun.

 

Rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023, dimulai dari kegiatan yang bersifat strategis

Upacara Bulan K3 Tahun 2023 yang dilaksanakan pada 20 Januari 2023 di Gedung Sate, menghadirkan peserta dari unsur OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, para ASN di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, seluruh Pengawas Ketenagakerjaan yang ada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat beserta stakeholder di bidang ketenagakerjaan (Asosiasi K3, Balai K3 Bandung, Asosiasi/Perkumpulan PJK3 Bidang Pemeriksaan & Pengujian dan  Bidang Pembinaan/Pelatihan, Penguji K3, P2K3 di Wilayah Provinsi Jawa Barat, Rumah Sakit Kesehatan Kerja Provinsi Jawa Barat, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, serta perwakilan perusahaan di wilayah Provinsi  Jawa Barat)

Puncak peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tingkat provinsi Jawa Barat diagendakan akan dilaksanakan pada Ahad tanggal 12 Februari 2023. Rencananya, di tempat di Trans Studio Mall Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement