Kamis 12 Jan 2023 16:05 WIB

Langkah Mudah Gunakan ChatGPT

Jika ingin menggunakan ChatGPT, Anda harus berusia 18 tahun ke atas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Chat GPT
Foto: frontdreams.com
Chat GPT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan riset yang berbasis di San Francisco, OpenAI. Ini adalah model language learning yang kompatibel dengan teknik machine learning yang diawasi dan diperkuat.

Tidak seperti kebanyakan chatbot lainnya, ChatGPT mengandalkan model pembelajaran yang luas dan kompleks, Karena hal itu, ChatGPT dapat memahami makna dan konteks pesan serta menghasilkan tanggapan seperti manusia.

Baca Juga

Lantas, bagaimana cara mudah menggunakan ChatGPT?

Dilansir dari Bein Crypto, untuk mulai menggunakan ChatGPT, Anda harus berusia 18 tahun ke atas dan memiliki akun OpenAI. Proses pendaftarannya relatif mudah. Inilah cara melakukannya:

Buka situs web OpenAI dan klik tombol Try ChatGPT.

Anda akan menemukan opsi Try ini di bagian atas antarmuka situs web.

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk login atau sign up.

Jika Anda belum memiliki akun OpenAI, daftar menggunakan alamat email Anda. Anda mungkin juga harus membagikan nomor ponsel Anda sebelum diizinkan masuk.

Setelah masuk, Anda akan disambut dengan beberapa penafian (disclaimer) standar. Anda mungkin ingin membaca sekilas penafian ini untuk gambaran umum tentang apa yang diharapkan.  Ini termasuk pemberitahuan bahwa AI trainers dapat meninjau interaksi Anda dengan ChatGPT untuk mengevaluasi kinerja sistem.

Sekarang Anda dapat mulai berinteraksi dengan ChatGPT. Temukan kotak pesan di bagian bawah antarmuka untuk memulai percakapan.

ChatGPT akan menghasilkan respons dengan cepat. Anda bisa mengajukan pertanyaan sederhana, contohnya “Apa itu Bitcoin?” Jika Anda tidak puas dengan jawabannya, Anda dapat menekan tombol Try Again. Bot kemudian akan mencoba menjawab Anda secara berbeda.

Jika Anda telah mencoba ChatGPT, Anda mungkin sangat kagum dengan kemampuannya untuk melakukan percakapan yang cerdas dan banyaknya pengetahuan yang dimilikinya. Selanjutnya kita bisa menjadikan ChatGPT lebih dari sekadar chatbot pintar yang menjawab pertanyaan, misalnya membantu mempermudah pekerjaan kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement