Kamis 12 Jan 2023 07:18 WIB

Flotus Melakukan Pengangkatan Lesi Kanker Kulit

Ahli bedah mengangkat lesi kanker di atas mata kanan dan dada Jill Biden

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
 Ibu Negara Jill Biden. Gedung Putih mengumumkan pada Rabu (11/1/2023), ahli bedah mengangkat lesi kanker di atas mata kanan dan dada ibu negara Amerika Serikat
Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
Ibu Negara Jill Biden. Gedung Putih mengumumkan pada Rabu (11/1/2023), ahli bedah mengangkat lesi kanker di atas mata kanan dan dada ibu negara Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mengumumkan pada Rabu (11/1/2023), ahli bedah mengangkat lesi kanker di atas mata kanan dan dada ibu negara Amerika Serikat (Flotus) Jill Biden. Sementara lesi ketiga di kelopak mata kirinya masih dalam tahap pemeriksaan.

Dokter Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Kevin O'Connor, mengatakan bahwa pemeriksaan menunjukkan bahwa lesi di mata kanan Jill dan yang baru ditemukan di dadanya dipastikan sebagai karsinoma sel basal. Dia menjelaskan, lesi di kelopak mata kirinya dipotong seluruhnya dengan tepian dan dikirim untuk pemeriksaan mikroskopis standar.

O'Connor mengatakan, Jill mengalami pembengkakan dan memar di wajah. Namun dia diketahui dalam kondisi yang baik dan merasa sehat.

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling umum dan bentuk yang paling dapat disembuhkan. Penyakit ini sangat bisa diobati, terutama jika diketahui lebih awal.

Kanker tersebut tumbuh lambat dan biasanya terbatas pada permukaan kulit dan jarang menyebabkan komplikasi serius atau mengancam jiwa. Dokter hampir selalu dapat mengangkat semuanya dengan sayatan dangkal.

Kantor Flotus mengumumkan pekan lalu melalui memo 4 Januari dari O'Connor, bahwa dokter telah menemukan lesi di atas mata kanannya selama skrining kanker kulit rutin baru-baru ini. O'Connor dalam memo itu menyatakan, dokter merekomendasikan untuk menghilangkan lesi dari atas mata kanan Jill dengan sangat hati-hati. Lesi yang diangkat dari dada dan kelopak mata kirinya ditemukan pada Rabu.

Jill menjalani prosedur tersebut pada pagi hari setelah dia dan presiden kembali dari Mexico City. Biden menemani ibu negara ke rumah sakit, seperti yang telah dilakukan untuk beberapa janji medis sebelumnya sejak menjadi presiden.

"Hari ini adalah tentang istrinya, itulah fokus presiden saat ini," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre ketika ditanya tentang aktivitas Biden di rumah sakit sementara dokter merawat ibu negara.

“Ini tentang presiden yang mendukung istrinya selama 45 tahun," katanya.

Keluarga Biden menghabiskan hari itu di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland,Flotus berusia 71 tahun itu menjalani prosedur rawat jalan. Setelah hampir sembilan jam di rumah sakit, presiden kembali ke Gedung Putih sendirian, ibu negara diharapkan untuk menyusul nanti malam.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement