Kamis 22 Dec 2022 14:06 WIB

LokerSemar.id Hadir Membantu Pencari Kerja di Semarang Menemukan Pekerjaan Mudah

Kesempatan untuk bekerja di Semarang sangatlah besar.

Para pencari kerja mempersiapkan berkas lamaran  (ilustrasi).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Para pencari kerja mempersiapkan berkas lamaran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah Semarang dan sekitarnya, dan apapun latar belakang pendidikan yang dimiliki, LokerSemar.id mampu menjawab kebutuhan pencari kerja agar mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

Lowongan kerja Semarang yang tersedia lengkap untuk banyak lulusan, mulai SMP hingga S1. Artinya, kesempatan untuk bekerja di Semarang sangatlah besar. 

Setelah mendapatkan peluang besar, lantas apa yang perlu dipersiapkan untuk mendapat pekerjaan impian secara mudah? Simak selengkapnya sebagai panduan melamar kerja nanti.

Apa yang perlu dipersiapkan agar mudah dapat kerja?

1. Data diri lengkap dalam satu dokumen

Data diri adalah informasi utama yang kerap diminta para perekrut, mencakup nama lengkap, nomor HP, email, link berkas pendukung. Biasanya, data ini sudah tercantum di CV. Namun, tidak sedikit perekrut meminta informasi data diri dikirim melalui WhatsApp atau email. 

Alangkah lebih baik mempersiapkan data diri dalam satu dokumen sehingga kamu hanya perlu copy-paste saja. Dengan begitu, proses melamar kerja jadi lebih cepat karena tidak perlu mengecek kembali informasi yang sudah ditempatkan dalam satu dokumen khusus.

2. CV Online Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Selain data diri, siapkan dokumen CV yang berisi data pribadi, riwayat pendidikan, daftar keahlian, dan pengalaman kerja yang pernah dijalani.

Tidak perlu repot menghias CV seperti yang dilakukan para job hunter dari jurusan desainer grafis. Cukup cantumkan informasi yang dibutuhkan dengan format ATS friendly yang simple. Selain itu, siapkan juga CV dalam versi bahasa Inggris, untuk berjaga-jaga apabila kamu hendak melamar di perusahaan Asing.

3. Dokumen Pendukung Keahlian Terkait Pekerjaan yang Dilamar

Tambahkan dokumen pendukung saat melamar pekerjaan Semarang secara online. Dokumen yang dimaksud mencakup banyak hal, menyesuaikan jenis pekerjaan yang dilamar.

Namun, dokumen pendukung paling umum yang biasanya sering diminta adalah sertifikat kelulusan tes bahasa Inggris. Adapun dokumen pendukung lainnya mencakup:

Dokumen sertifikasi keahlian tertentu

Dokumen juara lomba

Dokumen ijazah pendidikan terakhir

Dokumen tulisan artikel

Dokumen portofolio projek dan masih banyak lagi

Pastikan dokumen yang terlampir bisa menambah kualitas di mata perekrut. Dan hindari melampirkan semua dokumen tidak relevan yang dimiliki.

4. Latihan Wawancara dalam Dua Bahasa

Wawancara merupakan tahap penentu, apakah kamu pantas mendapatkan pekerjaan yang dilamar atau tidak. Maka dari itu, lakukan persiapan ini dengan sangat baik.

Supaya berjalan efektif dan efisien, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini:

- Cari dan catat 50 daftar pertanyaan wawancara dalam bahasa Indonesia dan Inggris sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

- Buat jawaban wawancara dalam bahasa Indonesia dan Inggris versi kamu.

- Pahami dengan baik dan latihan secara berulang.

- Rekam menggunakan kamera sampai lancar.

- Sesekali ikuti latihan wawancara dari jasa HRD profesional untuk mendapatkan feedback sehingga bisa tampil lebih percaya diri dan lancar saat diwawancara.

Jika semua petunjuk sudah kamu penuhi, mulailah melamar di situs loker Semarang yang terpercaya, dengan fitur pendukung yang mempermudah kamu menemukan pekerjaan impian.

Melamar di LokerSemar.id, pasti mudah dapat pekerjaan impian

Situs online lowongan kerja Semarang yang aman, mudah, dan cepat memberikan hasil adalah LokerSemar.id. Semua fitur yang tersedia di sini terkesan simpel dan minimalis, namun sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan pelamar saat ini. 

Tidak perlu membuat akun terlebih dahulu, apalagi melengkapi formulir yang merepotkan. Lamaran bisa langsung dikirim melalui kontak yang tercantum di deskripsi. Bisa berupa email ataupun kontak WhatsApp perusahaan perekrut. 

Jumlah lowongan kerja Semarang yang tersedia pun sangat banyak dan tidak terbatas untuk lulusan SMP hingga S1. Jenis pekerjaan yang tersedia juga sangat beragam yang dapat disesuaikan dengan keinginan kamu.

Jadi, persiapkan semua perlengkapan berkas kamu sekarang juga dan dapatkan pekerjaan secara mudah di LokerSemar.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement