Kamis 22 Dec 2022 06:43 WIB

5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mental

Makanan adalah bahan bakar untuk tubuh dan pikiran Anda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memberikan nutrisi pada tubuh. Selain itu, ada hubungan sosial dan emosional yang dapat memengaruhi perasaan Anda secara mental.

Dilansir dari cnet pada Rabu (21/12/2022), apa yang Anda makan dapat meringankan gejala kesehatan mental. Makanan adalah bahan bakar untuk tubuh dan pikiran Anda. Anda juga dapat memprioritaskan kesehatan mental Anda dengan menghargai waktu makan dan berfokus pada makanan yang membuat Anda bahagia.

Baca Juga

Berikut lima makanan terbaik untuk kesehatan mental yaitu :

Konsumsi Seluruh Makanan

Secara umum, yang terbaik adalah makan sebanyak mungkin makanan padat nutrisi dan seimbang. Sebagian besar dari itu adalah makanan utuh.

Studi telah menemukan bahwa diet kaya makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat menurunkan risiko depresi dan kecemasan. Intinya, Anda lebih sedikit khawatir, mengurangi ketegangan dan merasa lebih gembira saat mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Ingat, Anda makan bukan hanya untuk tubuh, tetapi juga otak Anda.

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks baik untuk kesehatan mental Anda karena beberapa alasan. Pertama, karbohidrat komplek memberi Anda energi tanpa gangguan seperti gula. Kedua, karbohidrat kompleks membantu mendukung tubuh yang sehat, yang terkait langsung dengan kesehatan mental. Karbohidrat kompleks yang penting untuk usus yang sehat.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan yang memiliki semua kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Sayuran hijau memiliki vitamin dan mineral termasuk magnesium, folat, vitamin D dan B-12.

Nutrisi seperti folat menghasilkan dopamin, neurotransmitter yang membuat merasa baik dan puas. Vitamin D membantu produksi serotonin, yang membantu meningkatkan suasana hati.

Protein tanpa Lemak

Asam amino termasuk dalam produksi neurotransmiter penting seperti dopamin. Ketika ada ketidakseimbangan dopamin, hal ini bisa menyebabkan gangguan seperti depresi, skizofrenia atau kecanduan. Protein tanpa lemak juga dapat membantu menjaga kadar serotonin, yang menurunkan risiko gangguan mood.

Asam Lemak

Asam lemak omega 3 penting untuk fungsi otak dan sistem saraf yang tepat. Sederhananya, tanpa Omega 3 otak Anda tidak dapat berkembang atau berfungsi. Kekurangan Omega 3 dapat meningkatkan risiko depresi, gangguan bipolar, ADHD dan skizofrenia.

Anda bisa mendapatkan jumlah omega 3 yang diperlukan dari makan ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau dan minyak zaitun extra virgin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement