Jumat 16 Dec 2022 09:32 WIB

BSI Explore 2023 Bekali Peserta dengan Pelatihan Public Speaking & Micro Teaching

Pembekalan yang diberikan berupa pelatihan public speaking & micro teaching

BSI Expolore yang mengusung tema ‘Merajut Indonesia, Menginspirirasi Negeri’, merupakan kegiatan pembelajaran untuk mahasiswa belajar di luar kampus, guna melatih kemampuan dan problem solving serta menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa, kini masuki tahap pembekalan.
Foto: a
BSI Expolore yang mengusung tema ‘Merajut Indonesia, Menginspirirasi Negeri’, merupakan kegiatan pembelajaran untuk mahasiswa belajar di luar kampus, guna melatih kemampuan dan problem solving serta menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa, kini masuki tahap pembekalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BSI Expolore yang mengusung tema ‘Merajut Indonesia, Menginspirirasi Negeri’, merupakan kegiatan pembelajaran untuk mahasiswa belajar di luar kampus, guna melatih kemampuan dan problem solving serta menjadi mitra guru di sekolah, menggali potensi desa dan pemberdayaan masyarakat dan pemuda desa, kini masuki tahap pembekalan.

Berbagai pembekalan telah diberikan kepada peserta BSI Explore 2023, kali ini pembekalan yang diberikan berupa pelatihan public speaking & micro teaching, yang dilaksanakan pada Rabu (7/12/2022) silam. Kegiatan ini menghadirkan narasumber pertama, Dr Fitit Fitriansyah yang merupakan asesor Pendidikan Profesi Guru, asesor GTK dan Asesor BKD serta Ahmad Setiadi yang merupakan dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai narasumber kedua.

Baca Juga

Membawakan materi ‘Be a Good Teacher’, Fitit menjelaskan bagaimana tugas, tanggung jawab dan kewajiban seorang guru. Menurutnya, guru adalah seorang pendidik profesional yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

“Melalui pelatihan ini, peserta BSI Explore 2023 dapat memahami dan menteladani serta mencontoh bagaimana seorang guru dapat mentransfer ilmu pengetahuannya kepada siswa dan siswi di sekolah, kemudian juga berdasarkan pelatihan yang diberikan ini agar para peserta BSI Explore 2023 bisa memperoleh bekal dan persiapan serta dapat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik kedalam masyarakat dan sekolah di pedesaan pada kegiatan BSI Explore 2023 ini,” jelasnya dalam rilis yang diterima, Senin (12/12/2022).

Senada, Ahmad menambahkan bahwa ilmu public speaking merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan dan harus dipelajari oleh setiap peserta BSI Explore 2023. Sebagai makhluk sosial yang selalu memerlukan komunikasi dan interaksi dimanapun berada terutama dalam praktiknya nanti terjun dalam kegiatan BSI Explore 2023.

“Pelatihan public speaking ini disimulasikan dengan cara praktek berkelompok berupa kegiatan seminar, dimana para dimana para peserta BSI Explore 2023 masing-masing memiliki tugas yang berbeda-beda. Kemudian tiap kelompok saling berdiskusi untuk masing-masing anggota dapat memaparkan, mensosialisasikan informasi yang sudah ditentukan oleh pemateri kepada para audience. Sehingga setiap anggota kelompok dapat menguasai apa arti dan makna Public Speaking itu sebenarnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ade Suryadi selaku ketua pelaksana BSI Explore mengungkapkan pembekalan Micro Teaching bertujuan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa agar nanti saat terjun ke desa dan mengajar di sekolah dapat memiliki kemampuan komunikasi, interaksi yang baik dengan masyarakat sekitar serta pembekalan buat melakukan pengajaran yang akan diterapkan di desa tujuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement