Senin 12 Dec 2022 21:14 WIB

Bill Gates: Perang Ukraina Hambat Upaya Vaksin Polio

Perang di Yaman dan ketidakstabilan di Afghanistan dan Pakistan juga menghambat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Bill Gates. Bill Gates: Perang Ukraina Hambat Upaya Vaksin Polio
Foto: AP
Bill Gates. Bill Gates: Perang Ukraina Hambat Upaya Vaksin Polio

IHRAM.CO.ID, WASHINGTON -- Pendiri Microsoft dan dermawan Bill Gates, mengatakan bahwa perang di Ukraina telah menghambat upaya untuk mengimunisasi anak-anak terhadap polio. Hal tersebut disampaikannya pada acara filantropi katalitik di Universitas New York di Abu Dhabi.

 

Baca Juga

Gates mengatakan bantuan keuangan penting yang dihabiskan untuk memerangi penyakit seperti polio sekarang dialihkan ke anggaran pertahanan, membangun kembali daerah yang dilanda perang dan membantu pengungsi.

 

“Setelah perang Ukraina dimulai, beberapa donor menghentikan bantuan mereka. Ini akan sulit sampai perang itu berakhir," katanya, dilansir dari The National News, Senin (12/12/2022).

 

Perang di Yaman, ketidakstabilan dan perlawanan sosial di Afghanistan dan Pakistan juga merupakan kemunduran dalam kampanye vaksinasi. “Anda mengalami perang di Yaman,” katanya. “Lebih banyak anak lumpuh di Yaman daripada di mana pun di dunia tahun lalu karena polio. Dan karena kondisi perang tersebut, kami tidak dapat memasukkan vaksin ke dalam negeri,” ungkapnya.

 

Kemunduran terbesar kedua, kata Gates, adalah di Pakistan dan Afghanistan, dua negara yang tidak pernah dapat memberantas penyakit polio sepenuhnya. Dan sekarang lebih sulit lagi karena uang dialihkan untuk pekerjaan kemanusiaan lainnya, seperti membangun kembali Afrika.

Dia mengatakan polarisasi partisan di AS juga memengaruhi perang melawan penyakit. Gates mengatakan pandemi corona adalah contohnya. "AS tidak melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengelola pandemi daripada banyak negara lain. Sangat disayangkan karena ketika dunia memikirkan masalah seperti pandemi atau penelitian kesehatan, secara historis AS telah memainkan peran kepemimpinan yang sangat kuat. Namun di sini kita memiliki sedikit kepemimpinan yang kacau," kata dia.

 

 

Dia mengkritik langkah mantan Presiden AS Donald Trump untuk menarik AS dari Organisasi Kesehatan Dunia di tengah pandemi tahun lalu. Dia mengatakan dunia perlu meningkatkan strateginya dalam pengawasan untuk memprediksi, mendeteksi, dan mencegah potensi peningkatan pandemi di masa depan. Vaksin, katanya, harus menjadi rencana cadangan jika pengawasan gagal mengendalikan pandemi.

 

Gates mengatakan kampanye pemberantasan polio dimulai pada 1988 dan kasus diturunkan menjadi beberapa ratus setiap tahun. “Bagian terakhir sangat sulit, tetapi jika kita menghentikannya, itu akan menyebar kembali, dan Anda akan membuat beberapa ribu anak lumpuh. Akan sangat tragis untuk menyerah,” katanya.

 

Gates mengatakan dunia telah belajar dari Perang Dunia Kedua dan membangun institusi untuk mencegah konflik lain sebesar itu. “Kita menciptakan banyak institusi, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia, tetapi ini tidak terjadi sekarang karena Perang Ukraina dan polarisasi politik di AS,” ujarnya.

Dia mengatakan kepada forum bahwa Abu Dhabi telah membantu Yayasan Bill dan Melinda Gates untuk melawan polio selama bertahun-tahun. Sejak 2011, Presiden Sheikh Mohamed telah berkomitmen lebih dari 376 juta dolar untuk mendukung upaya pemberantasan polio global, sebagai bagian dari komitmennya untuk mengakhiri penyakit yang dapat dicegah yang memengaruhi komunitas paling miskin dan rentan di dunia.

 

Pada Oktober, Yayasan Bill dan Melinda Gates berjanji untuk menginvestasikan 1,2 miliar dolar untuk memusnahkan polio. Donasi tersebut akan dikelola oleh Global Polio Eradication Initiative, sebuah kemitraan publik-swasta yang dipimpin oleh pemerintah yang bertujuan untuk memberantas penyakit tersebut pada 2026.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement