Selasa 29 Nov 2022 18:00 WIB

Jokowi Sebut Prabowo Miliki Kerutan Wajah dan Rambut Putih

Jokowi juga sempat menyebut nama Prabowo dan Ganjar saat kunjungan di Pontianak.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan paparan saat menerima kunjungan Republika di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan paparan saat menerima kunjungan Republika di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki kriteria pemimpin yang memikirkan rakyat seperti yang telah disebutkannya. Menurut dia, Prabowo juga memiliki kerutan di wajahnya.

"Tadi sudah saya cek ke Pak Prabowo, apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya? Ternyata punya, kerutan wajahnya ada," ujar Jokowi saat memberikan keterangan usai meninjau Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga

Selain itu, menurutnya, sebagian rambut dari Prabowo juga sudah tampak memutih. "Terus saya cek rambutnya, ternyata juga ada putihnya, sebagian udah ada putihnya. Artinya, seperti yang saya sampaikan, itu," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) menyinggung mengenai kriteria pemimpin yang sudah disebutkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya. Menurutnya, pesan yang disampaikan Jokowi itupun sudah tertangkap dengan jelas dan identik dengan ciri-ciri yang dimiliki Prabowo Subianto saat ini.

Hal ini disampaikan Budi Gunawan saat memberikan sambutannya di peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. “Kita semua menangkap pesan, pesan dari Pak Jokowi tentang kerutan di dahi untuk menjadi ukuran kriteria, maka kami semua memperhatikan semua dari tadi kerutan tersebut 100 persen identik dengan Pak Prabowo saat ini,” ujar BG.

Namun, Prabowo dinilai perlu menyesuaikan warna rambutnya sehingga sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan oleh Jokowi. “Tinggal warna rambut saja perlu penyesuaian Bapak. Kita doakan semoga beliau mendapat jalan baik, petuah kebaikan dari Pak Jokowi untuk jalan lebih cemerlang lagi ke depan,” jelasnya.

Di awal sambutannya, ia pun sempat menyapa Prabowo. BG mengatakan bahwa belakangan ini Prabowo semakin sering terlihat dekat dengan Presiden Jokowi. “Bapak Menhan Prabowo Subianto, kami semua menyimak bahwa belakangan ini Pak Menhan semakin sering terlihat dekat dengan Pak Presiden Bapak Jokowi,” kata dia.

Saat kunjungan kerjanya di Pontianak, Jokowi mempersilakan masyarakat untuk menafsirkan pernyataannya yang menyebutkan ciri-ciri seorang pemimpin dilihat dari penampilannya. Jokowi pernah mengatakan, seorang pemimpin yang memikirkan rakyatnya terlihat dari kerutan di wajahnya dan juga rambutnya yang memutih.

“Ya ditafsirkan apapun silahkan. Tetapi memang dalam orang bekerja kalau kerjanya sungguh-sungguh, kalau kerjanya kerja keras, itu pasti akan mempengaruhi fisiknya,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Pontianak, yang diunggah dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

Saat ditanya apakah ada tokoh yang memiliki ciri-ciri yang disebutkannya itu, Jokowi pun menyebut beberapa nama. Yakni dari Basuki Hadimuljono, Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, hingga Prabowo Subianto.

“Wah tapi rambut putih kan banyak banget. Pak Basuki itu rambutnya putih, Pak Hatta Rajasa rambutnya putih, Pak Ganjar juga rambutnya putih, siapa lagi yang rambutnya putih. Pak Prabowo juga rambutnya agak putih,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement