Senin 31 Oct 2022 10:29 WIB

Ronaldo Beli Rumah Baru di Portugal, Sinyal Tinggalkan MU Kian Nyata

Ronaldo dikaitkan kembali ke Sporting Lisbon.

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
 Cristiano Ronaldo dari Manchester United.
Foto: AP/Jon Super
Cristiano Ronaldo dari Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Isu kepulangan Cristian Ronaldo ke negara asalnya Portugal pada akhir kariernya terus berkembang di media. Beberapa hari lalu, Marca melaporkan Ronaldo telah membeli rumah baru di Portugal. Rumah itu bernilai 11 juta dolar AS dan diperkirakan nilainya akan meningkat menjadi 21 juga dolar AS dengan semua renovasi sesuai keinginannya.

Hal tersebut memunculkan spekulasi dalam beberapa hari terakhir bahwa kari4rnya akan berakhir di Portugal. Pembelian rumah tersebut disebut-sebut bukan sebuah kebetulan. Setelah Piala Dunia Qatar, pemain Manchester United itu kemungkinan akan kembali memperkuat salah satu tim di Portugal mengingat masa depannya di Old Trafford kian menipis.

Baca Juga

Mantan bintang Real Madrid itu dikabarkan bisa saja kembali ke klub asal dia memulai kariernya sebagai sepakbola yakni Sporting Lisbon. Meskipun Ronaldo masih berharap bermain dengan klub papan atas Eropa untuk menambah koleksi gelarnya, tetapi hingga saat ini tak ada tawaran yang masuk. Dengan usianya yang sudah 37 tahun dan kinerjanya yang menurun, Ronaldo harus merelakan nasibnya bermain dengan klub yang lebih rendah.

Sudah ada spekulasi mengenai kepindahannya ke Sporting Lisbon musim panas kemarin meskipun pada akhirnya dia tetap berseragam Setan Merah. Sekarang dengan pembelian rumah seluas 2.720 meter persegi menunjukkan Ronaldo sedang merencanakan masa depannya dan setelah Piala Dunia semuanya akan diketahui.

Rumah tersebut hanya berjarak 40 menit dari Lisbon. Sehingga berbagai media di Portugal menulis berbagai kemungkinan Ronaldo pulang kampung. 

Ronaldo adalah pemain tersukses dalam dua dekade terakhir bersama Lionel Messi. Setelah di bawah Sir Alex Ferguson ke Manchester United pada 2003 dari Sporting Lisbon, Ronaldo tumbuh menjadi pemain superstar.

Bersama MU di periode pertamanya itu, Ronaldo mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris, satu Liga Champions, satu Piala FA, dua Piala Carling, dua Community Shield dan satu Piala Dunia Antarklub. 

Ia kemudian hijrah ke La Liga bersama Real Madrid pada 2009. Bersama Madrid, ia mencapai era keemasaannya. Dia menjadi buah bibir setiap hari berkat gol-gol dan rekornya. Dia bersaing dengan bintang Barcelona waktu itu Lionel Messi. Ronaldo mempersembahkan empat gelar Liga Champions, tiga Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, dua gelar La Liga, dan dua Piala Super Spanyol serta dua Copa del Rey.

Ronaldo kemudian pindah ke Serie A bersama Juventus pada 2018. Di sana dia mempersembahkan dua trofi Scudetto, satu Coppa Italia dan dua Piala Super Coppa Italia. Ronaldo kemudian kembali ke Old Trafford pada Agustus 2021 lalu. Namun di periode keduanya bersama MU tak sesuai harapan. Ia bahkan jarang dimainkan sebagai starter oleh pelatih Erik Ten Hag.

Ia bahkan sempat dikeluarkan dari skuad utama saat melawan Chelsea oleh Ten Hag sebagai sanksi sikapnya yang menuju ke ruang ganti lebih dulu saat MU menang atas Tottenham. Ronaldo enggan dimasukkan sebagai pemain pengganti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement