Selasa 12 Apr 2022 17:52 WIB

Wapres: Literasi Digital Harus Ditingkatkan karena Mendukung UMKM

Pemerintah harus memberikan literasi digital kepada seluruh lapisan masyarakat.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ilham Tirta
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) KH Maruf Amin.
Foto: BKKBN
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres) KH Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Wakil Presiden Indonesia, KH Ma'ruf Amin mengatakan, kemajuan teknologi kini memiliki peranan penting dalam banyak sendi kehidupan. Tak terkecuali dalam kegiatan ekonomi.

Ma'ruf menyebut, pemerintah harus giat memberikan literasi digital kepada seluruh masyarakat supaya dapat terus mengikuti perkembangan zaman dan memajukan ekonomi secara praktis. "UMKM harus naik kelas. Dan teknologi menjadi bahan bakar UMKM agar lebih sejahtera. Kita harus meningkatkan literasi digital ini karena menjadi penyanggah utama UMKM," kata Ma'ruf, saat peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Pelataran Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Mantan Ketua MUI itu mengapresiasi berbagai daerah termasuk Sumatra Barat yang giat memperluas jaringan internet sampai ke pelosok daerah. Karena masuknya internet ke desa dapat membantu kemajuan ekonomi masyarakat di desa.

Ma'ruf berharap dengan kelancaran teknologi dan internet sampai ke desa, dapat menekan angka urbanisasi. Karena pemuda dapat tinggal di desa dengan bekerja ala perkotaan.

"Sekarang bisa tinggal di desa, tapi rezekinya sama seperti di kota. Tinggal di desa, tapi bisnis mendunia," ujar Wapres.

Ma'ruf menyebut, kebutuhan internet saat ini sama halnya kebutuhan listrik di masa lalu. Sekarang keduanya sama-sama menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Ia meminta pemerintah daerah terus melakukan perluasan agar listrik dan internet lancar sampai ke seluruh desa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement