Kamis 10 Mar 2022 17:11 WIB

Update Penghargaan Oscar 2022: Kapan Dilaksanakan dan Daftar Host-nya

Ajang Oscar 2022 tampaknya tak akan seperti perhelatan sebelumnya dalam sejarah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penghargaan Oscar 2022 sudah menetapkan tanggal tayang dan daftar host-nya. (ilustrasi)
Foto: Libreshot
Penghargaan Oscar 2022 sudah menetapkan tanggal tayang dan daftar host-nya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penghargaan Oscar beberapa tahun belakangan memicu kontroversi, mulai dari kesalahan saat siaran langsung hingga "perang" di belakang panggung. Namun, Oscar tetaplah Oscar, penghargaan yang sangat prestisius di dunia seni dan hiburan. 

Bahkan dengan penurunan jumlah penonton untuk siaran langsung televisi di abad ke-21, ajang Academy Awards masih tetap menjadi malam penghargaan yang paling banyak ditonton. Perhelatan ke-94 yang akan digelar sebentar lagi berada di tengah iklim ketidakpastian, ketidakamanan, dan pertikaian sengit.

Baca Juga

Hal itu menyusul peringkat buruk acara karena terdampak pandemi. Banyak organisasi dan perusahaan yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan Oscar telah berjuang untuk menemukan cara menarik kembali minat penonton untuk edisi pada tahun ini.

Oscar 2022 tampaknya tidak akan seperti perhelatan sebelumnya dalam sejarah. Tahun ini, Oscar akan kembali ke jadwal trimester pertama mereka yang biasa. Academy Awards kali ini akan berlangsung pada Ahad, 27 Maret 2022.

Acara tersebut rencananya digelar di Teater Dolby Hollywood & Highland Center, Los Angeles, California. Karena Oscar disiarkan langsung di seluruh dunia, waktu tayangnya akan bervariasi tergantung dari mana penonton menontonnya. Di Los Angeles, karpet merah akan dimulai pada pukul 15.30 waktu setempat dan seremoni akan dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat.

Seperti yang diketahui, Oscar cenderung berlangsung selama tiga jam, terkadang sedikit lebih lama. Produser tahun ini telah membuat rencana untuk memangkas waktu tayang. Namun jangan berharap ada pengurangan drastis karena Oscar selalu berdurasi panjang secara alami. Itu bagian dari pesona mereka.

Setelah tiga tahun berturut-turut, Academy bereksperimen dengan Oscar tanpa pembawa acara. Oscar pada tahun ini akan membawa kembali tugas pembawa acara (host) resmi di samping penghargaan individu dan presenter segmen.

Kali ini, akan ada tim pembawa acara yang terdiri atas tiga perempuan yakni aktris dan komedian Wanda Sykes, Regina Hall, dan Amy Schumer. Selain mereka, ada juga pembawa acara antarsegmen yakni Lady Gaga, Zoë Kravitz, Simu Liu, Kevin Costner, Lily James, Chris Rock, Uma Thurman, Rami Malek, John Leguizamo, Rosie Perez, Ruth E Carter, dan Chloé Zhao.

Seperti yang sudah menjadi tradisi, pemenang aktor terbaik tahun lalu juga akan kembali ke panggung Oscar untuk menyerahkan obor kepada pemenang tahun ini.

Academy belum mengonfirmasi apakah akan ada penampilan dari nominasi Original Soundtrack Terbaik tahun ini. Sebanyak 10 film yang dinominasikan untuk kategori utama Oscar, Film Terbaik, adalah Belfast, CODA, Don't Look Up, Drive My Car, Dune, King Richard, Licorice Pizza, Nightmare Alley, The Power of the Dog, dan West Side Story

Kenneth Branagh (Belfast), Ryusuke Hamaguchi (Drive My Car), Paul Thomas Anderson (Licorice Pizza), Jane Campion (The Power of the Dog), dan Steven Spielberg (West Side Story) adalah nominasi dalam kategori Sutradara Terbaik. Sementara itu, kategori Aktris Terbaik yakni adalah Jessica Chastain, Olivia Colman, Penélope Cruz, Nicole Kidman, dan Kristen Stewart. Untuk kategori Aktor Terbaik yakni Javier Bardem, Benedict Cumberbatch, Andrew Garfield, Will Smith, dan Denzel Washington.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement