Ahad 20 Feb 2022 12:00 WIB

Pemkab Garut Siapkan Mobil Wisata Dukung Beroperasinya Kereta Api

Mobil wisata sebagai transportasi lokal untuk dukung beroperasinya kereta api Garut.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).
Foto: Diskominfo Garut
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, dan Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan inspeksi jalur kereta api Cibatu-Garut, Ahad (13/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menyiapkan mobil wisata sebagai transportasi lokal untuk mendukung beroperasinya kereta api komersial di Stasiun Garut yang akan segera diresmikan oleh pemerintah pusat.

"Kami ada mobil elf (mikro bus) untuk wisata yang sekarang ada di Pendopo, itu akan di branding untuk menjadi bagian dari transportasi lokal di Garut," kata Bupati Garut Rudy Gunawan saat menerima kunjungan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo di Garut, Sabtu (19/2/2022).

Ia menuturkan Pemkab Garut telah melakukan berbagai persiapan untuk menunjang beroperasinya reaktivasi jalur kereta api Garut-Cibatu yang akan melayani relasi kereta api Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta.

Salah satu yang akan disiapkan Pemkab Garut, kata dia, yaitu pelayanan transportasi lokal di Garut, terutama untuk memberikan pelayanan pada penumpang yang datang ke Stasiun Garut pada malam hari.

"Karena kalau yang 'schedule' sekarang itu kan jam 12 malam datangnya," kata Bupati.

Ia mengungkapkan selama ini angkutan umum yang beroperasi pada malam hari masih minim di Garut, sehingga menjadi perhatian pemerintah daerah untuk menyiapkannya agar orang yang datang ke Garut tidak kesulitan mendapatkan layanan transportasi umum.

Rencananya, kata dia, Pemkab Garut akan menemui pihak perusahaan jasa transportasi daring untuk membahas kesiapan menyediakan transportasi umum saat jalur kereta api di Garut resmi beroperasi.

"Akan melihat bahwa mereka siap dengan alat transportasi seputar Garut," katanya.

Terkait diresmikannya jalur reaktivasi kereta api di Garut, Bupati menyampaikan secepatnya akan diresmikan oleh pemerintah pusat, diperkirakan satu bulan ke depan setelah selesai tahap uji coba selama sebulan.

"Bulan depan sudah bisa, saya yakin, percobaan satu bulan, tiga pekan lagi beres," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement