Rabu 24 Mar 2021 13:10 WIB

Saudi Sepakat Tingkatkan Pendidikan Keamanan Siber

Saudi menyadari pentingnya keamanan siber di tengah ketergantungan pada IT

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Bendera Arab Saudi
Foto: AP/Amr Nabil
Bendera Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Pendidikan Arab Saudi dan Otoritas Keamanan Siber Nasional (NCA) menandatangani perjanjian, Selasa (23/3). Kerja sama ini dilakukan untuk meluncurkan program pelatihan dan penelitian bersama di bidang keamanan siber.

Kesepakatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas program yang ditawarkan di bidang keamanan siber di Kerajaan. Kedua belah pihak juga sepakat untuk meningkatkan kolaborasi guna meningkatkan kesadaran tentang keamanan siber.

Menteri Pendidikan Saudi, Dr. Hamad bin Mohammed Al-Asheikh, mengatakan kepemimpinan Kerajaan saat ini berupaya membangun ekonomi berbasis pengetahuan, yang merupakan tujuan utama Visi 2030.

Dikutip di Arab News, Rabu (24/3), ia mengatakan sektor pendidikan memiliki tujuan menghasilkan generasi berpendidikan tinggi dengan meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan modern. Ia juga menekankan pentingnya keamanan siber di tengah ketergantungan yang meningkat pada teknologi informasi (IT).

Lebih lanjut, ia mengatakan transformasi digital yang sedang berlangsung menuntut kebutuhan melatih orang-orang di sektor publik maupun swasta, untuk memastikan keamanan kebutuhan daring mereka.

Gubernur NCA, Dr. Khaled Al-Sabti, menggarisbawahi pentingnya berinvestasi dalam inisiatif keamanan siber.  Ia mengatakan kesepakatan dengan Kementerian Pendidikan sangat penting untuk mewujudkan tujuan Visi 2030.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan NCA telah meluncurkan beberapa inisiatif bersama. Salah satunya, "Inisiatif Beasiswa Siber" dan "Kerangka Kerja Saudi untuk Pendidikan Tinggi dalam Keamanan Siber".

Kementerian dan otoritas juga menyelenggarakan beberapa program pelatihan untuk lulusan Saudi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement