Sabtu 26 Dec 2020 09:53 WIB

Penjualan Laptop dan Desktop Mulai Bangkit

Pandemi memaksa setiap orang yang sekolah dan bekerja harus memiliki komputer.

Rep: Noer Qomariah/ Red: Friska Yolandha
Dunia memiliki persediaan laptop dan komputer desktop 2020 pada tingkat yang tidak terlihat sejak iPhone memulai debutnya pada 2007. Pembelajaran dan kerja jarak jauh meningkatkan pesanan komputer selama pandemi.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Dunia memiliki persediaan laptop dan komputer desktop 2020 pada tingkat yang tidak terlihat sejak iPhone memulai debutnya pada 2007. Pembelajaran dan kerja jarak jauh meningkatkan pesanan komputer selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, OAKLAND -- Dunia memiliki persediaan laptop dan komputer desktop 2020 pada tingkat yang tidak terlihat sejak iPhone memulai debutnya pada 2007. Pembelajaran dan kerja jarak jauh meningkatkan pesanan komputer selama pandemi.

“Seluruh rantai pasokan mengalami kegentingan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Presiden Pan America di pembuat perangkat keras Acer Inc, Gregg Prendergast, dilansir dari Reuters, Sabtu (26/12).

Baca Juga

Pengiriman global tahunan PC, istilah kolektif industri untuk laptop dan desktop, mencapai sekitar 300 juta pada 2008 dan baru-baru ini menyusut menjadi 250 juta. Beberapa mengharapkan kebangkitan.

Tetapi beberapa analis sekarang memperkirakan 2020 akan ditutup pada sekitar 300 juta pengiriman, naik sekitar 15 persen dari tahun lalu. Tablet mengalami pertumbuhan yang lebih cepat.

Pada akhir 2021, PC dan tablet yang terpasang akan mencapai 1,77 miliar, naik dari 1,64 miliar pada 2019, menurut perusahaan Canalys. Virus memaksa keluarga untuk mengembangkan dari satu PC untuk rumah menjadi satu untuk setiap siswa, pemain video atau pekerja rumahan.

Untuk memenuhi permintaan yang tiba-tiba, beberapa vendor PC besar di dunia menambahkan pemasok, mempercepat pengiriman dan menggoda model yang lebih baik yang diluncurkan di tahun depan. Itu belum cukup.

Prendergast mengatakan Acer telah menanggung biaya untuk menerbangkan laptop langsung ke pelanggan pendidikannya, meninggalkan pengiriman perahu dan kereta api untuk memangkas pengiriman selama sebulan. Namun dengan jalur perakitan, beberapa pelanggan harus menunggu empat bulan untuk mendapatkan pengiriman.

Analis mengatakan komponen termasuk layer dan prosesor sulit didapat, bahkan dengan banyak pabrik yang sudah lama mati karena virus. Mereka menambahkan perkiraan penjualan 2021 akan lebih tinggi jika bukan karena masalah pasokan.

Seorang analis Canalys, Ishan Dutt menngingat Kembali pelanggan yang memberitahu vendor pada April bahwa perangkat apa pun dengan keyboard akan cukup selama pengiriman tiba dalam sepekan. Ia juga mengungkapkan kebutuhan mendesak itu telah berkurang, tetapi orang-orang sekarang ingin meningkatkan, mempertahankan tekanan pada industri.

Sementara itu wakil presiden di firma analis IDC, Ryan Reith mengatakan uang stimulus tambahan dari pemerintah untuk sekolah dan bisnis di beberapa negara dapat menambah kegentingan hingga 2022.

Beberapa komputer yang akan dipasarkan dalam beberapa bulan mendatang memenuhi kebutuhan baru. Mereka menampilkan kamera dan speaker yang lebih baik untuk konferensi video, kata para analis. Lebih banyak model akan memiliki chip seluler, membantu pengguna yang dapat mengakses sinyal seluler 4G atau 5G, tetapi bukan Wi-Fi konvensional.

Presiden pembuat PC Dell Technologies Inc, Sam Burd bulan ini mengatakan “kebangkitan” industri akan segera menghadirkan perangkat dengan perangkat lunak kecerdasan buatan untuk menyederhanakan tugas-tugas, seperti masuk dan mematikan kamera.

Pesanan online Dell dari konsumen melonjak 62 persen pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tahun lalu. Selama Black Friday, tim yang biasanya membunyikan lonceng di kantor pusat Dell Texas untuk merayakan penjualan besar berkumpul, melalui Zoom dari PC di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement