Selasa 22 Dec 2020 08:57 WIB

Siapkan Merek Baru, Fiat dan Peugeot Resmi Merger

Uni Eropa sudah memberikan persetujuan merger Fiat dan Peugeot.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Logo baru hasil merger Fiat dan Peugeot, Stellantis
Foto: group PSA
Logo baru hasil merger Fiat dan Peugeot, Stellantis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fiat Chrysler Automobiles NV dan PSA Group mendapat persetujuan dari  Uni Eropa untuk menggabungkan operasi. Dengan demikian, keduanya mengukuhkan posisi sebagai produsen mobil terbesar keempat di dunia. 

Komisi Eropa mengatakan kedua perusahaan akan membuat kendaraan Toyota Motor Corp di pabrik Prancis dan Spanyol. Mereka juga akan membuka jaringan perbaikan bersama para pesaingnya. 

Baca Juga

"Mereka berkomitmen akan memfasilitasi perluasan pasar untuk van komersial kecil," kata Komisaris Persaingan Usaha Uni Eropa Margrethe Vestager dikutip Bloomberg, Senin (21/12). 

Persetujuan Uni Eropa datang setahun setelah perusahaan mengumumkan kesepakatan mereka untuk merger. Persetujuan keluar setelah keduanya sepakat untuk bersaing secara sehat dengan produsen mobil lainnya. 

Aksi merger tersebut mengubah dua produsen mobil kelas menengah ini menjadi kelas berat dunia. Pada 4 Januari mendatang, kedua perusahaan akan meminta persetujuan pemegang saham untuk berganti nama menjadi Stellantis. 

Kedua perusahaan menyambut baik izin penggabungan operasi yang dikeluarkan oleh komisi Uni Eropa. Kesepakatan itu diharapkan bisa terealisasi pada akhir kuartal pertama 2021. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement