Selasa 05 Mar 2013 20:00 WIB

UGM Kembangkan Alat 'Radiologi Digital' untuk Kerajinan

UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Gadjah Mada bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mengembangkan alat "radiologi digital" sebagai pengontrol kualitas produk kerajinan guna mendukung sektor industri kreatif.

Alat "radiologi digital" itu, Selasa mulai diuji coba di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kasongan untuk dimanfaatkan para perajin di sentra kerajinan gerabah dan keramik Kasongan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua tim riset dari Fakultas Teknik MIPA UGM Gede Bayu Sukarta di sela uji coba alat tersebut mengatakan "radiologi digital" ini selain bisa untuk mendeteksi kualitas berbagai produk kerajinan seperti keramik dan gerabah, juga produk kerajinan dari kayu serta logam, dan senjata, tergantung teknologinya.

"Ini merupakan inovasi pengembangan teknologi dari alat medis yang kami create untuk kerajinan. Bagi para pelaku industri kreatif terutama kalangan perajin, ini akan sangat membantu guna mengetahui kualitas produkl kerajinan hingga meningkatkan nilai jualnya," katanya.

Menurut dia, alat yang terdiri atas berbagai komponen seperti generator sinar x, converter, sensor objek yang dikendalikan secara terpadu melalui sistem komputerisasi ini, juga dilengkapi dengan layar monitor sebesar 32 inci untuk melihat produk kerajinan secara transparan.

"Alat ini bisa melihat kualitas kerajinan mulai dari kerapian hingga kehalusan serta kepadatan suatu objek kerajinan, baik setengah kering hingga menjadi barang jadi yang tidak terlihat secara kasat mata. Bagi perajin kecil, ini akan sangat membantu," katanya.

Ia mengatakan, dengan alat ini produk kerajinan yang lolos akan masuk dan tersimpan dalam database di komputer, sehingga ketika dicek, akan muncul seri dan kode serta dimungkinkan buatan dari daerah mana kerajinan tersebut diproduksi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement