Kamis 02 Feb 2023 17:26 WIB

Cara Membaca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Pesan WhatsApp yang sudah terhapus kerap mengundang rasa penasaran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Untuk membaca pesan WhatsApp yang dihapus, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga./ilustrasi
Foto: Unsplash
Untuk membaca pesan WhatsApp yang dihapus, kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA---WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus obrolan yang dikirim secara tidak sengaja setelah jam kerja. Pengguna dapat menghapus pesan terkirim untuk semua orang.

Namun jika pesan dihapus untuk semua orang di kotak obrolan, WhatsApp menampilkan pesan di obrolan untuk memberi tahu penerima bahwa pesan telah dihapus. Meskipun fitur ini bermanfaat, pesan tampilan ini sering kali membuat penerima lebih penasaran tentang apa pesan itu dan mengapa pesan itu dihapus.

Baca Juga

Tidak ada fitur khusus oleh WhatsApp yang dapat mengambil atau menampilkan pesan yang dihapus. Melihat masalah privasi, platform ini juga diperkirakan tidak akan meluncurkan fitur semacam itu dalam waktu dekat. Lalu bagaimana cara mengobati rasa penasaran untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus?

Dilansir dari India Today, Kamis (2/2/2023), metode pertama adalah baca pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang tersedia daring yang dapat Anda unduh dari toko aplikasi.

Aplikasi tersebut mengklaim dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Namun menggunakan aplikasi ketiga memiliki sejumlah risiko, termasuk pencurian data, malware, dan akses tidak sah ke perangkat Anda. Selain itu, tidak semua alat pemulihan efektif, dan beberapa bahkan dapat menyebabkan hilangnya data secara permanen.

Metode kedua, baca pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan cadangan. Opsi kedua adalah mencadangkan data WhatsApp Anda secara teratur dan mengembalikan pesan dari cadangan sebelumnya.

Untuk melakukannya, buka WhatsApp Settings > Chats > Chat Backup, dan cari cadangan sebelumnya yang berisi pesan yang dihapus. Namun, pada langkah ini juga, akan merepotkan untuk menghapus aplikasi dan kemudian masuk lagi serta menjalankan pencadangan.

Selanjutnya, metode ketiga adalah yang paling aman, dan tidak merepotkan, tetapi hanya tersedia untuk pengguna Android. Untuk lebih spesifiknya, hanya untuk pengguna dengan Android 11.

Berikut cara membaca WhatsApp yang dihapus di Android dengan cara mengecek riwayat notifikasi.

Buka ‘Settings’ perangkat Anda.

Sekarang gulir dan ketuk “Apps & Notifications.”

Pilih “Notifications.”

Di bawah opsi, ketuk “Notification history.”

Selanjutnya alihkan tombol di samping ‘Use notification history’

Setelah riwayat notifikasi diaktifkan, Anda akan dapat melihat notifikasi pesan WhatsApp meskipun telah dihapus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement