Selasa 31 Jan 2023 16:03 WIB

6 Fakta Menarik Samsung Galaxy S23 yang Segera Meluncur

Seri Galaxy S23 akan menjadi andalan baru Samsung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung akan meluncurkan seri flagship terbaru mereka/ilustrasi.
Foto: istimewa
Samsung akan meluncurkan seri flagship terbaru mereka/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Seri Galaxy S23 akan menjadi andalan baru Samsung. Smartphone Android premium direncanakan rilis 1 Februari pada acara Galaxy Unpacked, yang akan disiarkan langsung di berbagai platform media sosial.

Seri andalan mendatang akan terdiri dari tiga ponsel, yakni Galaxy S23, Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra. Dengan beberapa bocoran dan rumor yang beredar di internet, berikut enam hal tentang smartphone seri Galaxy S23 yang menarik disimak, seperti dikutip dari Indian Express, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

1. Tampilkan Snapdragon 8 Gen 2

Semua perangkat dalam seri Samsung Galaxy S23 akan ditenagai oleh versi khusus dari chipset Snapdragon 8 Gen 2 terbaru Qualcomm, yang diluncurkan kembali pada November 2022. Sebagai gambaran singkat, prosesor ini didasarkan pada arsitektur ARMv9 dan diproduksi oleh TSMC .

Qualcomm mengatakan chipset terbarunya menawarkan 40 persen peningkatan efisiensi daya dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Chipset terbaru ini juga dilengkapi chip pemrosesan AI khusus dan menghadirkan dukungan untuk pelacakan kepala dinamis dan Bluetooth 5.3.

 

2. Peningkatan kualitas gambar cahaya redup dan kamera

Sepertinya Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S23 Plus akan memiliki sensor kamera yang sama. Kedua ponsel akan memiliki pengaturan tiga kamera yang terdiri atas kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8, lensa telefoto 10MP dengan bukaan f/2.4 dan zoom optik 3x, serta sensor ultrawide 12MP 120° dengan bukaan f/2.2.

Sensor Samsung ISOCELL HP 2 Sensor 200MP yang baru meningkatkan kualitas gambar dalam lingkungan dengan cahaya redup dan terang. Semua ponsel dalam seri ini juga diharapkan dilengkapi kamera depan yang lebih baik.

 

3. Peningkatan kapasitas baterai

Galaxy S23 mungkin hadir dengan baterai 3.900 mAh sedangkan Galaxy S23 Plus akan memiliki baterai 4.700 mAh yang lebih besar. Kedua ponsel dikatakan mendukung pengisian kabel hingga 25W.

Ponsel termahal di jajarannya, Galaxy S23 Ultra didukung oleh baterai 5.000 mAh dengan pengisian kabel 45W. Semua ponsel diharapkan menawarkan pengisian nirkabel berbasis Qi dan nirkabel terbalik. Baterai Galaxy S23 mungkin bertahan sedikit lebih lama dibandingkan pendahulunya.

 

4. Lebih mahal dari Galaxy S22

Di negara-negara Eropa tertentu, seri S23 mungkin mengalami kenaikan harga hingga 100 Euro. Samsung menaikkan harga Galaxy S23 sebesar 7.000 rupee di India (Rp1,3 jutaan), sedangkan Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra diperkirakan lebih mahal.

Menurut bocoran, harga Galaxy S23 Plus kemungkinan berkisar Rp 16,5 jutaan dan Galaxy S23 Ultra mulai Rp 21 jutaan.

Jika benar, ini akan menjadi kenaikan harga terbesar yang pernah dilihat seri ini dalam tiga tahun terakhir. Meskipun perusahaan telah menaikkan harga dengan mantap, kenaikannya dibatasi sekitar Rp 500 ribu setiap tahunnya.

 

5. Pilihan warna baru untuk Galaxy S23 Ultra

Selain pilihan warna botanic green, cotton flower, mystic lilac, dan phantom black standar untuk seri Galaxy S23, Samsung mungkin juga menghadirkan beberapa pilihan warna eksklusif untuk Galaxy S23 Ultra. Menurut bocoran terbaru dari informan terkenal Ross Young, Galaxy S23 Ultra akan tersedia dalam warna baru seperti biru, hijau muda dan merah. Namun, situs web Samsung menunjukkan bahwa warna baru ini akan tersedia secara eksklusif jika ponsel dipesan dari toko daring perusahaan.

 

6. Peningkatan RAM dan penyimpanan

RAM pada Galaxy S23 Ultra menjadi 256GB dan 12GB.

Ponsel akan menampilkan UFS 4.0. Namun, laporan terbaru oleh keterangan rahasia Ice Universe menunjukkan bahwa varian penyimpanan 128GB dari Galaxy S23 akan mengemas penyimpanan UFS 3.1 yang lebih lambat, sementara model lain akan memiliki UFS 4.0. Menurut keterangan rahasia, Samsung mengambil langkah tersebut karena enggan melewatkan teknologi terbaru pada varian dasar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement