Selasa 17 Jan 2023 12:05 WIB

Jurus Pilih Kilau Cat untuk Rumah

Tiap ruangan rumah membutuhkan kilau cat yang berbeda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pilihlah cat rumah yang sesuai dengan dekorasi atau furnitur rumah.
Foto: Unsplash
Pilihlah cat rumah yang sesuai dengan dekorasi atau furnitur rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Memilih warna cat rumah bukanlah urusan yang mudah. Anda harus menyelaraskan warna rumah dengan furnitur di rumah, misalnya, agar keseluruhan tempat tinggal menjadi enak dipandang mata.

Berikut ini merupakan cara menentukan warna cat untuk seluruh rumah serta istilah yang biasa dipakai untuk menentukan kilau cat yang pas, dilansir dari Hey There Home, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga

Kilau apa pun pada cat akan menonjolkan kekurangan. Jadi jika Anda mencoba menutupi kekurangan, gunakan kilau sesedikit mungkin.

Berikut adalah beberapa pedoman umum untuk memilih kilau pada cat rumah untuk pilihan akhir yang berbeda.

1. Flat (Matte): Tidak bersinar sama sekali. Cocok untuk area dengan lalu lintas rendah seperti ruang keluarga dan kamar tidur, serta langit-langit.

2. Flat Enamel: Hampir tidak berkilau tetapi sedikit lebih mudah dibersihkan daripada cat flat. Ini juga cocok untuk area dengan lalu-lalang rendah tetapi mungkin merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan.

3. Eggshell Enamel: Memiliki sedikit kilap dan merupakan pilihan yang baik untuk area lalu-lalang sedang seperti ruang keluarga. Menurut pengalaman penulis tips, Corey Willis, sebagian besar bekas goresan dapat dibersihkan dari permukaan ini dengan kain lembab.

4.Satin Enamel: Lebih bersinar dan bekerja dengan baik di area dengan lalu lintas tinggi atau area dengan lalu-lalang tinggi atau area dengan kelembaban. Ini juga sangat mudah dibersihkan sehingga sangat cocok untuk dapur dan kamar mandi.

5.Semi-Gloss Enamel: Mengkilap tapi tidak seperti kaca. Ini harus Anda gunakan pada ruangan dengan kelembaban sangat tinggi.

6.Hi-Gloss Enamel: Mengkilap. Ini memberikan hasil akhir yang hampir seperti kaca dan sangat cocok untuk permukaan yang sering digunakan (seperti pagar) atau furnitur.

 

Selain kilau, kita juga bisa menentukan undertones cat dengan tepat. Caranya bisa dengan menguji warna yang paling gelap pada sebuah bilah untuk menemukan warna sebenarnya. Ini akan menyelamatkan Anda dari cat yang terlalu merah muda, terlalu biru, terlalu kuning dan lain-lain.

Anda juga menentukan tema warna di seluruh rumah Anda. Namun, ini tak berarti  Anda harus mengecat seluruh rumah Anda dengan warna yang sama. Cukup pilih  ruangan yang terbuka serta pertimbangkan seperti apa tampilan setiap ruangan saat berada di tempat lain. 

Jika Anda akan bermain aman dan menggunakan satu warna, disarankan setidaknya menggunakan beberapa warna lebih terang atau lebih gelap di satu ruangan atau bahkan di satu dinding yang menjadi titik perhatian utama. Ini adalah cara yang bagus untuk menambah kedalaman dan minat pada suatu ruangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement