Selasa 13 Sep 2022 14:12 WIB

Apple Resmi Rilis iOS 16 Tersedia Mulai dari iPhone 8

Ada cukup banyak pembaruan yang dibawa Apple ke sistem operasi iOS 16

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ada cukup banyak pembaruan yang dibawa Apple ke sistem operasi iOS 16. Ilustrasi.
Foto: AP
Ada cukup banyak pembaruan yang dibawa Apple ke sistem operasi iOS 16. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Apple akhirnya resmi merilis sistem operasi teranyarnya iOS 16 yang sudah tersedia dan bisa diunduh dan dipasang di iPhone mulai dari seri iPhone 8 hingga iPhone terbaru yakni seri iPhone 14. Ada cukup banyak pembaruan yang dibawa Apple ke sistem operasi iOS 16 mulai dari screen lock yang disertai widget, fitur membatalkan dan mengedit iMessage, hingga aplikasi Home baru.

Mengutip laporan The Verge pada Selasa (13/9/2022), pembaruan ini tidak dibarengi dengan pembaruan sistem operasi untuk iPad yang dikenal dengan nama iPadOS 16.1. Dengan demikian nantinya Apple akan menyusulkan pemberitahuan tambahan jika sistem operasi tersebut akan dirilis.

Baca Juga

Adapun perangkat yang bisa mencicipi iOS 16 yakni iPhone 14 series (iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max), iPhone 13 series (iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max), iPhone 12 series (iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max), iPhone 11 series (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max), iPhone X series (iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR), iPhone SE generasi kedua dan ketiga, iPhone 8 series (iPhone 8 dan iPhone 8 Plus).

Pembaruan terbanyak terlihat di screen lock karena pengguna bisa menambahkan widget ke screen lock anda dan widget itu bisa berfungsi layaknya memberi tahu adanya notifikasi yang masuk. Bahkan nantinya untuk perangkat iPhone 14 Pro, iOS 16 akan membuat widget terlihat seperti notifikasi meski perangkat tidak digunakan karena adanya fitur Always On Display.

Pembaruan selanjutnya datang dari iMessage. Bagi Anda yang menyukai fitur ini maka Anda akan mencintai fitur terbaru yaitu menghapus dan mengedit pesan. Pengguna bisa mengedit pesan di iMessage hingga 15 menit setelah melakukan pengiriman pesan. Sedangkan untuk fitur menghapus pesan pengguna bisa menghapus pesan apa pun hingga dua menit setelah mengirim pesan.

Apple juga menambahkan fitur tandai sebagai belum dibaca sehingga pengguna dapat mengingat untuk membalas pesan nanti. Jika Anda penggemar pesan audio, maka Anda akan bahagia karena iOS 16 menambahkan kemampuan untuk mempercepat atau memundurkan saat pengguna mendengarkannya.

Salah satu peningkatan terbaik lainnya yang dibawa iOS 16 adalah peningkatan haptics keyboard bawaan sehingga pengguna dapat merasakan getaran saat mengetik. iOS 16 juga menyertakan aplikasi Home yang didesain ulang dengan tampilan kamera dan widget baru di layar kunci dan kemampuan untuk mengontrol Apple Watch dari iPhone.

Jika Anda terbiasa menyalin teks dari foto, sekarang Anda dapat melakukan hal yang sama dalam video di iOS 16. P Untuk masalah privasi, Apple menambahkan Mode Lockdown sebuah mode perlindungan ekstrem bagi orang-orang yang mungkin menjadi sasaran spyware.

Mode Lockdown memblokir lampiran pesan, menonaktifkan pratinjau tautan, menonaktifkan beberapa teknologi penelusuran web secara default, dan bahkan memblokir panggilan FaceTime dari nomor yang tidak dikenal. Seperti perilisan iOS 15, tidak semua fitur di iOS 16 dihadirkan misalnya fitur Library foto di iCloud untuk digunakan berbagi bersama keluarga direncanakan baru dirilis akhir tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement