Kamis 16 Jun 2022 16:34 WIB

Perubahan Iklim Bikin Antartika Berubah, Dampaknya Dirasakan Seluruh Dunia

Perubahan iklim benar-benar membawa implikasi global yang luas.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Antartika
Foto: ABC News
Antartika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Ilmiah Penelitian Antartika (SCAR) telah merilis laporan baru yang merinci bagaimana perubahan iklim mempengaruhi lapisan es, iklim, dan ekosistem Antartika. Perubahan iklim benar-benar membawa implikasi global yang luas.

Laporan yang dikeluarkan pada 24 Mei di Berlin pada Pertemuan Konsultatif Perjanjian Antartika, menunjukkan bahwa lapisan es Antartika mencair, iklim benua berubah, dan Samudra Selatan memanas, tumbuh lebih asam, dan kehilangan oksigen. 

Baca Juga

Dilansir dari Phys, perubahan iklim sudah berdampak pada paus ikonik, anjing laut, pinguin, dan krill yang mereka makan di kawasan itu. Analisis menunjukkan bahwa kecuali jika tindakan segera diambil, penguin Kaisar mungkin akan punah pada akhir abad ini.

Antartika mungkin tampak terisolasi dari bagian planet lainnya, namun perubahannya berdampak pada benua lain.

"Apa yang terjadi di Antartika, tidak hanya tinggal di Antartika," kata Cassandra Brooks, asisten profesor studi lingkungan dan kontributor laporan tersebut.

Karena lapisan es yang mencair, kenaikan permukaan laut rata-rata global akan menempatkan hampir satu miliar orang pada risiko banjir pesisir dalam beberapa dekade mendatang. Jumlah tersbeut mungkin bertambah pada akhir abad ini. 

Antartika juga memiliki dampak signifikan pada regulasi iklim global, sebagian melalui penyerapan panas dan emisi karbon dioksida yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

"Dampak global yang dipengaruhi oleh perubahan Antartika termasuk peristiwa iklim dan cuaca ekstrim, kekeringan, kebakaran hutan dan banjir, dan pengasaman laut," menurut penelitian tersebut.

Misalnya, tingkat pemanasan global telah membuat planet ini mengalami kenaikan permukaan laut global sekitar 40 cm, mengubah peristiwa banjir pantai yang terjadi sekali dalam satu abad menjadi kejadian tahunan.

“Perubahan di Antartika memiliki implikasi yang luas bagi kita semua,” kata Profesor Universitas Monash Steven Chown, penulis utama laporan tersebut dan mantan presiden langsung SCAR. 

Makalah ini menunjukkan bahwa mematuhi, dan idealnya melebihi, target pengurangan emisi gas rumah kaca Perjanjian Iklim Paris akan secara signifikan mengurangi perubahan di Antartika dan efek sosialnya.

Pesan-pesannya ditulis secara tegas untuk Pertemuan Tahunan ke-44 Para Pihak Perjanjian Antartika, yang berlangsung di Berlin. Para pihak tersebut adalah negara-negara yang bertanggung jawab atas pengelolaan lingkungan Antartika, termasuk Amerika Serikat. 

Ini adalah pertemuan langsung pertama bagi para pihak sejak 2019 dan kesempatan penting bagi mereka untuk meningkatkan solusi perubahan iklim mereka. Laporan tersebut diterima dengan hangat, dan para pihak menyadari perlunya tindakan segera. Namun demikian, mereka tidak dapat membuat kesepakatan konsensual tentang perlindungan penguin Kaisar, yang berada di ambang kepunahan di bawah skenario proyeksi iklim di masa depan.

Pada bulan Oktober, ketika pemerintah bertemu untuk membahas pengelolaan Samudra Selatan, akan ada kesempatan lain untuk mempresentasikan temuannya.

"Pemerintah saat ini sedang memperdebatkan bagaimana melindungi petak besar Samudra Selatan, serta proyek manajemen tahan iklim lainnya. Namun, seperti yang kami nyatakan dalam penelitian kami, Antartika yang berubah memiliki konsekuensi di seluruh dunia" jelas Brooks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement