Sabtu 30 Apr 2022 17:10 WIB

Apple Juga Ancam akan Hapus Aplikasi yang tidak Laku dari App Store

Aplikasi sangat sedikit diunduh selama 12 mungkin akan dihapus dari App Store,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi app store)
Foto: Pexels
(Foto: ilustrasi app store)

REPUBLIKA.CO.ID, CUPERTINO -- Baru-baru ini, beberapa pengembang mengeluh tentang Apple yang mengancam akan menghapus aplikasi mereka dari App Store. Apple mengancam untuk menghapus aplikasi karena pengembang tidak memperbarui aplikasi dalam waktu lama.

Sekarang Apple telah menanggapi keluhan itu. Pemberitahuan itu, yang dirilis pada Jumat (29/4/2022) malam, dilansir dari The Verge, Sabtu (30/4/2022),  berbunyi:

Baca Juga

“Sebagai bagian dari proses Peningkatan App Store, pengembang aplikasi yang belum diperbarui dalam tiga tahun terakhir dan gagal memenuhi ambang batas unduhan minimal, artinya aplikasi belum diunduh sama sekali atau sangat sedikit selama periode 12 bulan bergulir akan menerima email yang memberi tahu mereka bahwa aplikasi mereka telah diidentifikasi untuk kemungkinan dihapus dari App Store.”

The Verge telah mendengar tentang email tersebut sebelumnya. Pengembang seperti Robert Kabwe dan Emilia Lazer-Walker melaporkan menerima pemberitahuan itu. Pengembang menyatakan mereka kesusahan karena mereka memiliki waktu 30 hari untuk memperbarui aplikasi mereka, atau mereka akan dihapus dari toko.

 

Kabwe mengungkapkan seharusnya pengguna masih dapat membeli gim konsol dari tahun 2000-an. Menurutnya, jika Apple menghapus aplikasi itu lama yang tidak diupdate, sama seperti Apple menghapus film dari iTunes Store hanya karena mereka muncul dengan bilah hitam di TV modern.

Pengembang menggatakan Apple tidak menerapkan aturan secara tidak konsisten. Misalnya, satu pengembang mencatat bahwa Pocket God, gim populer dari masa awal iPhone, belum diperbarui selama tujuh tahun tetapi masih ada di App Store. Apple mengatakan aplikasi itu masih aktif karena masih populer.

Dari satu sudut, alasan ini tidak selalu sesuai dengan paruh pertama posting Apple, di mana dikatakan menghapus aplikasi lama untuk memastikan kepercayaan pengguna pada aplikasi berkualitas, dan untuk meningkatkan kemampuan menemukan, keamanan dan privasi, serta pengalaman pengguna.

Namun, Apple mengatakan tidak ingin App Store dipenuhi dengan aplikasi yang telah dilupakan oleh pengembang dan pengguna. Ini memiliki cukup banyak masalah sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan aplikasi yang bagus apa adanya, dan mudah untuk membayangkan Apple melihat menghapus aplikasi lama yang tampaknya tidak relevan sebagai solusi yang baik.

Kini, sedikit kabar baiknya adalah pengembang memiliki 90 hari, bukan 30 untuk memperbarui aplikasi mereka sebelum dihapus.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement