Jumat 01 Apr 2022 09:58 WIB

APJII dan Biznet Data Center Luncurkan Layanan IIX Pertama di Luar Jakarta

Simpul Indonesia Internet Exchange terbaru berada di Cimanggis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Kolaborasi APJII dan Biznet Data Center Luncurkan Layanan Indonesia Internet Exchange Pertama di Luar Jakarta.
Foto: republika/noer
Kolaborasi APJII dan Biznet Data Center Luncurkan Layanan Indonesia Internet Exchange Pertama di Luar Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Asosiasi Penyedia Jasa Internet (APJII) dan PT Dinamika Raya Prima atau biasa dikenal dengan Biznet Data Center (BDC)  untuk melakukan kerja sama strategis. Keduanya meluncurkan simpul Indonesia Internet Exchange (IIX) terbaru yang terletak di Biznet Technovillage Cimanggis dengan jarak 39 km dari pusat Kota Jakarta.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang dilakukan oleh Ketua Umum APJII Muhammad Arif dan Direktur Biznet Data Center Dondy Bappedyanto di AYANA MidPlaza, Jakarta Pusat pada Kamis (31/3/2022).

Baca Juga

Kolaborasi strategis ini menjadi tonggak pencapaian APJII bersama Biznet Data Center untuk mengusung simpul IIX pertama di luar Jakarta. Tujuannya untuk memperluas jangkauan dan percepatan konten digital bagi banyak pelanggan.

Direktur Biznet Data Center Dondy Bappedyanto mengungkapkan Biznet Data Center berkomitmen menghadirkan layanan interkoneksi yang terintegrasi sehingga mampu memenuhi kebutuhan ekosistem digital untuk mendukung berbagai segmen industri.

“Kami siap memfasilitasi kebutuhan seluruh anggota APJII untuk mendapatkan interkoneksi ke IIX di dalam Biznet Data Center tanpa biaya. Selain itu, kami juga memiliki jaringan antar data center dengan kapasitas hingga 1Gbps yang terhubung ke beberapa data center di Indonesia yang juga kami berikan gratis sebagai fasilitas bagi pelanggan,” ujar Dondy, Kamis (31/3/2022).

Untuk memfasilitasi simpul terbaru IIX ini, Biznet Data Center telah mempersiapkan infrastruktur jaringan dengan kapasitas jaringan sebesar 100 Gbps yang akan terus dikembangkan kedepannya. Bila sebelumnya pelanggan perlu melakukan interkoneksi ke Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kini semakin dipermudah dengan hanya menghubungkan ke perangkat APJII-IIX yang sudah tersedia di Biznet Data Center, Technovillage Cimanggis.

Kolaborasi ini juga membuat pelanggan terutama penyedia jaringan internet, konten digital, serta cloud dan hosting untuk memiliki alternatif rancangan konektivitas dalam meningkatkan efisiensi serta menaikkan pengalaman penggunanya melalui kecepatan akses layanan digital berlatensi rendah.

Selain itu, Dondy juga mengatakan akhir tahun ini Biznet Data Center akan memperbesar data center mereka yang ada di Midplaza .

“Jadi di Q4 kita akan perbesar menjadi besarnya sekitar 1.000 meter persegi,” kata Dondy.

Kemudian, Biznet Data Center juga telah memiliki rencana untuk membangun daya center di beberapa kota di luar Jakarta. Yakni, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya.

“Yang kita planning sekarang ada di Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Bentuknya edge data center, “ ujarnya.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan kerja sama ini akan memberikan manfaat langsung bagi anggota APJII dan masyarakat dalam hal experience berinternet di era serba online.

“Kami terus berupaya meningkatkan efisiensi interkoneksi antar anggota APJII, salah satunya dengan menjalani kerja sama dengan Biznet Data Center yang kami nilai sangat strategis untuk menjadi simpul Indonesia Internet Exchange (IIX),” katanya.

Pada 2020, Biznet Data center telah merampungkan peningkatan daya listrik hingga 6 Megawatts, guna menjawab kebutuhan penempatan data yang besar dan dinamis. Demikian juga dari sisi sertifikasi, Biznet Data Center telah mengantongi sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement