Selasa 09 Nov 2021 13:47 WIB

Astronom Deteksi Tsunami Gelombang Gravitasi

Gelombang gravitasi mengungkap banyak informasi kehidupan dan kematian bintang.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
gelombang gravitasi yang ditangkap ilmuan dengan LIGO
Foto: LIGO/Science Alert
gelombang gravitasi yang ditangkap ilmuan dengan LIGO

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan menemukan asal muasal tsunami gelombang gravitasi. Laporan pengamatan gelombang gravitasi yang dilakukan oleh tim astronom dari November 2019 hingga Maret 2020 menunjukkan adanya 35 peristiwa gelombang gravitasi yang teradi.

Rata-rata, hampir 1,7 peristiwa gelombang gravitasi setiap pekan, selama durasi pengamatan. Ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sebelumnya rata-rata hanya 1,5 peristiwa yang terdeteksi pada putaran sebelumnya.

“Penemuan ini menunjukkan peningkatan 10 kali lipat dalam jumlah gelombang gravitasi yang terdeteksi oleh (instrumen) LIGO dan Virgo yang mengamati,” ujar astrofisikawan Susan Scott dari Australian National University di Australia, dilansir Science Alert, Selasa (9/11).

Menurut Scott, tim astronom telah mendeteksi 35 peristiwa yang luar biasa. Ini menurutnya merupakan era baru untuk deteksi gelombang gravitasi dan populasi penemuan yang berkembang. Temuan ini mengungkap begitu banyak informasi tentang kehidupan dan kematian bintang di seluruh alam semesta.

Dari 35 deteksi baru, 32 diantaranya kemungkinan besar merupakan hasil penggabungan antara dua lubang hitam. Ini terjadi ketika dua lubang hitam pada orbit yang dekat ditarik oleh gravitasi timbal balik, akhirnya bertabrakan untuk membentuk satu lubang hitam tunggal yang lebih masif.

Tabrakan tersebut mengirimkan riak melalui ruang-waktu, seperti riak yang dihasilkan saat Anda melempar batu ke kolam. Para astronom dapat menganalisis riak-riak itu untuk menentukan sifat-sifat lubang hitam.

Data mengungkapkan berbagai massa lubang hitam, dengan clocking paling masif di sekitar 87 kali massa Matahari. Lubang hitam itu bergabung dengan rekan 61 kali massa Matahari, menghasilkan satu lubang hitam 141 kali massa Matahari, dengan nama dari peristiwa itu adalah GW200220_061928.

Penggabungan lain menghasilkan lubang hitam 104 kali massa Matahari. Keduanya dianggap lubang hitam massa menengah, rentang massa antara 100 dan sekitar satu juta massa matahari, di mana sangat sedikit lubang hitam telah terdeteksi.

GW200220_061928 juga menarik, karena setidaknya salah satu lubang hitam yang terlibat dalam penggabungan jatuh ke dalam apa yang kita sebut celah massa atas. Menurut pemodelan yang dilakukan tim astronom, lubang hitam lebih dari 65 massa matahari tidak dapat terbentuk dari satu bintang, seperti lubang hitam massa bintang.

Itu karena bintang-bintang pendahulu begitu masif sehingga supernova, yang dikenal sebagai supernova ketidakstabilan pasangan harus benar-benar melenyapkan inti bintang, tidak meninggalkan apa pun untuk runtuh secara gravitasi ke dalam lubang hitam.

Ini menunjukkan bahwa lubang hitam bermassa 87 matahari mungkin merupakan produk dari penggabungan sebelumnya. GW200220_061928 bukan yang pertama yang melibatkan lubang hitam di celah massa atas, tetapi deteksinya menunjukkan bahwa penggabungan lubang hitam hierarkis bukanlah hal yang tidak biasa.

Peristiwa lain yang terjadi adalah termasuk objek di celah massa yang lebih rendah, celah lubang hitam antara 2,5 dan 5 kali massa Matahari.

Kami belum secara meyakinkan menemukan bintang neutron yang lebih besar dari yang pertama, atau lubang hitam yang lebih kecil dari yang terakhir. Peristiwa bernama GW200210_092254 melibatkan objek yang mencatat 2,8 massa matahari.

Para astronom telah menyimpulkan bahwa itu mungkin adalah lubang hitam yang sangat kecil.